News Ticker

Pemkab MTB tata kota Saumlaki cegah kekumuhan

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) saat ini sedang melakukan pembenahan wajah kota Saumlaki, khususnya pada saluran air, trotoar maupun pembangunan pasar.
Share it:
Ruas jalan Mathilda Batlayeri, Saumlaki yang sedang dikerjakan
Saumlaki, Dharapos.com
Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) saat ini sedang melakukan pembenahan wajah kota Saumlaki, khususnya pada saluran air, trotoar maupun pembangunan pasar.

“Saat ini sedang ada penataan ruas jalan poros di bawah kota Saumlaki. Kita upayakan supaya ada saluran air dan trotoar sehingga masyarakat jangan lagi membangun ke daerah badan jalan. Penataan kota ini dimaksudkan untuk menghindari kekumuhan di dalam pusat kota Saumlaki,” ungkap Adirianus Sihasale, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Permukiman Kabupaten MTB di Saumlaki, Rabu (18/7/2018).

Saluran air dan trotoar itu dibangun sepanjang 2 Km jalan Mathilda Batlayeri dan dikerjakan oleh PT. Rikon Jaya Karya dengan nomor kontrak 602/170/PEWB dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 4.379.800.000,-

Total anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dengan waktu pekerjaan selama 180 hari atau akan berakhir pada tanggal 2 Desember 2018.

Sihasale menyatakan, selain di ruas jalan Mathilda Batlayeri, pihaknya sudah mengajukan usul kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengalokasikan anggaran pelebaran jalan Ir. Soekarno.

“Pelebaran jalan Ir.Soekarno atau jalan poros di atas yakni di sepanjang perkantoran ini telah kita ajukan usulannya kepada Kementrian PUPR karena jalan ini berstatus jalan nasional dan tidak bisa dianggarkan dalam APBD,” sambung dia.

Selain itu dalam tahun ini juga akan dilakukan pembangunan tiga pasar yakni pasar Saumlaki, pasar Omele dan pasar Kabyarat di kecamatan Tanimbar Selatan.

Proses pembangun tiga pasar ini sedang dalam tahap lelang, karena anggarannya bersumber dari DAK sehingga dinas teknis sedang berkoordinasi dengan Kementrian terkait.

Selanjutnya Pemkab akan melakukan reklamasi pantai Saumlaki dengan volume dua hektar yang berlokasi di seputaran pasar ikan Saumlaki.

Setelah reklamasi, lokasi ini bakal dibangun pasar sentral Saumlaki.

“Saat ini dalam tahapan perencanaan untuk pelelangan dimana anggarannya baru sampai di penimbunan yakni sekitar Rp. 7 miliar, namun kemarin itu kita ada lakukan studi analisa dampak lingkungan (Amdal) maka sisa anggaran untuk reklamasi tersisa sekitar Rp. 6 miliar lebih,” pungkasnya.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi