Pemkab MTB gelar Welcome Ceremony sambut peserta Sail Darwin

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB) menyambut kunjungan peserta lomba perahu layar dari Darwin Australia menuju Saumlaki atau Darwin to Saumlaki Yacht Race and Rally 2018 dalam acara Welcome Ceremony.
Share it:
Pemkab MTB saat menyambut kunjungan peserta lomba perahu layar Darwin to Saumlaki
Yacht Race and Rally 2018 dalam acara Welcome Ceremony, Kamis (5/7/2018)
Saumlaki, Dharapos.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB) menyambut kunjungan peserta lomba perahu layar dari Darwin  Australia menuju Saumlaki atau Darwin to Saumlaki Yacht Race and Rally 2018 dalam acara Welcome Ceremony.

Berlangsung di lokasi destinasi wisata pantai Kelyaar Jaya, Olilit Barat, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kamis (5/7/2018) acara tersebut dihadiri pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pimpinan BUMN dan BUMD, instansi vertical, SKPD dan sejumlah pengusaha di sektor pariwisata.

Upacara itu diawali dengan prosesi penyambutan secara adat bagi para yachter yang disebut Kawut Dedin, tarian penjemputan dan pengalungan syal tenun Tanimbar oleh tua-tua adat desa Olilit.

Selain bertukar cinderamata, para Yachter juga menyerahkan dua paket bantuan kepada Pemkab MTB.

“Potensi laut Indonesia demikian besar dengan keanekaragaman hayati dan melimpahnya sumber daya mineral sehingga membuat laut kita begitu termahsyur di dunia dan tidaklah mengherankan jika begitu banyak Negara yang menaruh perhatian pada laut kita,” kata Bupati Petrus Fatlolon dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah MTB, Piterson Rangkoratat di kesempatan itu.

Dikatakan bahwa sebagai Negara maritim, tak perlu diragukan lagi bahwa potensi terbesar Indonesia adalah pesona kecantikan dan kekayaan alam lautnya yang luar biasa dan berpotensi menjanjikan sebagai lumbung devisa Negara, terutama dari sektor pariwisata bahari.

Dia menyebutkan jika kabupaten MTB sebagai bagian dari NKRI yang terletak di bagian selatan Provinsi Maluku itu sebelumnya terkenal dalam tulisan Nico de Jonge dan Toos van Dijk menyebutnya sebagai kepulauan yang terlupakan atau forgotten islands.

Namun memiliki  budaya dan potensi sumber daya alam yang sangat besar seperti pemandangan alam dan keindahan laut yang begitu menawan, adat istiadat dan budaya Duan-Lolat yang melekat dan telah mengakar sejak dahulu kala dan sejumlah keistimewaan lain dari kepulauan Tanimbar.

Penyerahan hadiah oleh Sekda kepada pemenang lomba Darwin to Saumlaki Yacht Race and
Rally 2018 yang diraih oleh perahu Vitamin B, dibawah pimpinan Steve Winspear
Untuk itu Bupati memandang bahwa pelaksanaan berbagai event yang dilakukan selama ini seperti atraksi wisata dan budaya, Sail Darwin Saumlaki Yacht Race dan Pesta Teluk merupakan ajang promosi yang tepat dalam memperkenalkan keindahan wisata bahari dan budaya Kabupaten MTB di mata dunia.

“MTB memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah namun masih diperhadapkan dengan sejumlah persoalan seperti minimnya pembangunan infrastruktur menuju obyek pariwisata, terbatasnya maskapai penerbangan, terbatasnya fasilitas perhotelan atau penginapan yang standard sejumlah masalah lainya,” bebernya.

Karena itu, Bupati berharap agar kegiatan lomba perahu layar dari Darwin - Saumlaki atau Darwin to Saumlaki Yacht Race and Rally 2018 merupakan ajang promosi disektor bahari dan juga menyentuh aspek budayanya, sehingga ada dampak bagi pergerakan ekonomi di daerah itu.

Sesuai pantauan, para peserta Yacht Rally Darwin Saumlaki yang hadir di tahun ini meningkat dari 2017, dimana pada tahun ini dihadiri oleh 8 buah perahu layar dengan peserta yang berjumlah 45 orang.

“Kami sudah beberapa kali ke Saumlaki dan di tahun depan kami berharap akan ada peningkatan jumlah perahu layar yang mau kesini,” kata Peter Lockett, Commodore (ketua) Darwin Sailing Club yang adalah sebagai penyelenggara lomba.

Dalam kesempatan itu, Peter mengumumkan pemenang lomba Darwin to Saumlaki Yacht Race and rally 2018 yang diraih oleh perahu Vitamin B, dibawah pimpinan Steve Winspear.

(dp-18)
Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi