Pengurus PHBI Malra didorong berperan maksimal

Pjs. Bupati Drs. Samuel Risambessy, MM mengukuhkan secara resmi Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2018-2023, Sabtu (2/6/2018).
Share it:
Pjs. Bupati Drs. Samuel Risambessy, MM mengukuhkan secara resmi Pengurus Panitia Hari Besar Islam
(PHBI) Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2018-2023, pada Sabtu (2/6/2018) lalu
Langgur, Dharapos.com
Pjs. Bupati Drs. Samuel Risambessy, MM mengukuhkan secara resmi Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2018-2023, Sabtu (2/6/2018).

Usai momen pengukuhan, dilanjutkan dengan acara Buka Puasa Bersama pada bertempat di aula Lantai 3 Kantor Bupati setempat.

Pjs. Bupati atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus yang baru saja dilantik.

"Saya berharap semoga dengan amanah ini, kiranya akan semakin berperan aktif dan berkontribusi bagi syiar dan pengembangan nilai-nilai agama Islam di Bumi Larwul Ngabal," harapnya mengawali sambutannya.

Lanjutnya, PHBI adalah Lembaga non struktural yang dibentuk untuk menyelenggarakan Hari Besar Islam.

Kedudukan PHBI memiliki peran yang strategis sebagai wadah untuk mengingatkan kembali momentum dari rangkaian peristiwa keagamaan yang sangat penting bagi Umat Islam.

"Seiring dengan perkembangan masyarakat, patut diakui bahwa peringatan hari besar keagamaan saat ini mengalami di lema kelesuan," akuinya.

Bahkan dalam kondisi tertentu kalah perhatian dengan sajian Infotainment dan berita Olahraga baik yang disajikan melalui Media Elektronik maupun panggung hiburan lainnya.

Dan segmen masyarakat yang rentan terhadap kondisi tersebut adalah generasi muda sekarang yang menganggap bahwa urusan peringatan hari besar keagamaan adalah urusan kaum Ulama, Santri, dan Remaja Masjid, bukan urusan mereka yang sering mengidentikkan dirinya sebagai Generasi Zaman “Now”.

"Kondisi ini menjadi tantangan kita bersama terlebih khusus jajaran PHBI Kabupaten Maluku Tenggara, agar ke depan nantinya dalam pelaksanaan tugas dan peran, dapat terus membenahi dan mengelaborasi metode dan cara dakwah yang dikemas dalam perayaan Hari Besar Islam," dorongnya.

Sehingga masyarakat terutama generasi muda semakin tertarik dan mau menggali intisari dan makna setiap peringatan Bari Besar Islam tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

Pjs. Bupati juga menekankan hal yang perlu diingat bahwa sebaik apapun substansi yang terkandung dalam sebuah kegiatan termasuk kegiatan keagamaan, tanpa dikemas dalam suasana dan metode yang menarik cenderung tidak diminati dan berdampak luas, meski sekalipun anggaran atau pembiayaan yang dikucurkan sangat besar.

"Tetapi saya percaya, dengan susunan kepengurusan PHBI yang baru saja dilantik didominasi oleh Pejabat Pemerintah Daerah dan kalangan muda, maka berbagai tantangan tersebut dapat diatasi," tandasnya optimis.

Pjs Bupati juga senantiasa berharap PHBI dapat terus membangun koordinasi dan kerja sama yang baik dengan Pemerintah daerah dan lembaga keagamaan lainnya di Maluku Tenggara.

"Sehingga program dan kegiatan pembinaan umat dapat berjalan sinergis dan berkelanjutan," tukasnya.

(dp-40)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi