Pengurus PWI Maluku 2018 - 2023 resmi dilantik

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Sasongko Tejo resmi melantik pengurus PWI Maluku masa bakti 2018 - 2023.
Share it:
Plt PWI Pusat, Sasongko Tejo resmi melantik pengurus PWI Maluku masa bakti 2018 - 2023
Ambon, Dharapos.com 
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Sasongko Tejo resmi melantik pengurus PWI Maluku masa bakti 2018 - 2023.

PWI Maluku, resmi dipimpin Izaac Tulalessy menggantikan Plt. sebelumnya, Freedom Tomahouw, dibantu Sekretaris atas nama Lukas Rahanra dan Imelda Sahulata selaku Bendahara.

Pelantikan tersebut berlangsung di aula lantai 7 kantor Gubernur Maluku, Senin (14/5/2015).

Tejo dalam sambutannya mengatakan pihaknya saat ini sedang  melaksanakan program kompetensi yang diperuntukkan bagi wartawan.

Hal ini dipandang perlu, agar profesi yang dianggap mulia ini tidak dipandang sepele dan sebelah mata, sehingga dengan begitu tidak sembarang orang mengaku-ngaku sebagai wartawan.

”Saat ini PWI di seluruh Indonesia sudah menghasilkan wartawan yang kompeten sekitar 8.800 orang, tapi kita masih terus berjalan karena anggota PWI saat sudah mencapai 12.000 lebih. Dan uji kompetensi ini merupakan bagian dari penataan kelembagaan pers nasional secara keseluruhan,” terangnya.

Di Maluku sendiri, telah dilaksanakan 6 kali uji kompetensi.

Tejo menambahkpula bahwa saat ini sedang dilakukan standarisasi organisasi wartawan termasuk wartawan sendiri serta lembaga pers.

Pada momen yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Bidang Berekonomian dan Pembangunan, Zulkifli Anwar mengatakan pers memiliki peran strategis, untuk mempercepat proses perubahan sosial dalam masyarakat.

”Media massa atau pers merupakan cerminan realitas sosial, dengan demikian isi media yang utama adalah berita yang menggambarkan realitas  yang terjadi di tengah  masyarakat dan layak dimuat yang tentunya akan mempengaruhi sikap dan pandangan masyarakat,” urainya.

Ditegaskan pula, Pemerintah provinsi dan masyarakat  di daerah ini sangat membutuhkan dan memberikan apresiasi mengenai keberadaan pers yang telah menjadi jembatan komunikasi, sarana pendidikan  dan inspirasi serta alat kontrol sosial yang efektif.

Sementara itu, Ketua PWI Maluku periode 2018 - 2023, Izaac Tulalessy mengajak seluruh pengurus untuk bersama-sama bergandeng tangan menyatukan visi dan langkah demi memajukan sekaligus mewujudkan PWI sebagai organisasi profesi yang kompeten.

”Ke depan sebagai organisasi, tentunya PWI akan berusaha meningkatkan kapasitas anggota organisasi untuk menjadi individu yang profesional,“ janjinya.

Oleh sebab itu, Tulalessy berjanji, kedepannya akan memperbanyak pelaksanaan pelatihan-pelatihan yang tujuannya untuk meningkatkan kapasitas wartawan dan tentunya akan bekerja sama dengan sejumlah mitra terkait.

(dp-19)
Share it:

Berita Pilihan Redaksi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi