Gereja dan masjid di Aru dapat hibah ratusan juta

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru menyalurkan Bantuan Dana Hibah Tahun Anggaran 2018 kepada 5 penerima manfaat di Kecamatan Aru Tengah, dengan total jumlah keseluruhan bantuan mencapai Rp400 juta.
Share it:
Peta Kabupaten Kepulauan Aru 
Dobo, Dharapos.com
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru menyalurkan  Bantuan Dana Hibah Tahun Anggaran 2018 kepada 5 penerima manfaat di Kecamatan Aru Tengah, dengan total jumlah keseluruhan bantuan mencapai Rp400 juta.

Bupati setempat dr. Johan Gonga menyerahkan langsung bantuan tersebut, pekan kemarin dalam kunjungan kerja (Kunker) ke RKI Trans Benjina, di wilayah itu.

Bupati dalam arahannya, pemberian dana hibah ini diperuntukkan untuk pembangunan gereja, masjid, organisasi, maupun perguruan tinggi.

"Bantuan yang  berikan ini, jangan dilihat berapa besar nilai yang Pemerintah daerah berikan. Karena kalau kita lihat nilainya pasti kita kecewa, cuma dapat Rp10 juta atau 20juta, tapi yang harus dimaknai adalah perhatian Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Bupati bahkan mengingatkan bila ada kekurangan agar di buat proposal untuk dipertimbangkan terkait tambahan bantuan.

“Kalau katong kasih satu sekaligus besar juga punya resiko. Pertama masalah pertanggungjawaban, karena bantuan ini kita kasih dalam bentuk hibah dan harus ada laporan pertanggungjawaban ke kita, dan kalau kita kasih dalam jumlah banyak bisa terjadi hal-hal di luar dugaan sehingga disalurkan secara bertahap,” imbuhnya.

Lanjut Bupati, Pemerintah juga mempunyai visi - misi dalam pembangunan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Juga pembangunan yang berhubungan dengan akhlak dan keimanan kita dimana keimanan itu kita tingkatkan. Salah satunya seperti pembangunan gereja juga masjid, taman-taman Alquran, dan lain-lain,” lanjutnya.

Semua ini sebagai bagian dari upaya peningkatan serta pengembangan infrastruktur yang berhubungan juga dengan masyarakat.

"Bukan bangun jalan dan bangunan yang berkaitan dengan pemerintahan tapi  kita bangun juga yang berhubungan dengan masyarakat salah satunya tempat ibadah. Baik itu Muslim, Kristen dan Katolik,” ucapnya.

Bupati menambahkan, memasuki tahun kedua kepemimpinannya, Pemkab Aru sudah memberikan bantuan dana hibah di beberapa kecamatan di wilayah ini.

"Tahun ini (2018, red) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru menganggarkan Dana Hibah sekitar Rp30 Miliar," rincinya.

Tahun ini, dana hibah di berikan hampir ke semua desa, terkait dengan pembangunan infrastruktur, pembangunan masjid dan gereja.

”Bandingkan saja 117 desa, 2 kelurahan  dan di setiap desa ada masjid dan gereja. Rata-rata semua desa hampir dapat. Jadi mau dan tidak mau, porsi yang ada ini kita bagi-bagi. Tentu kalau di proposal minta Rp200 juta kita Pemerintah daerah kasih Rp100 juta atau 150 juta, tapi maklum ada perhatian dari Pemda,” bebernya.

Dalam Kunker tersebut, Bupati didampingi Kadis Pendidikan Yusup Apalem, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kepulauan Aru Yopi Ubyaan, Anggota DPRD Laganti Gutanjala, dan Kepala BRI Cabang Dobo.

Adapun rincian hibah yang di berikan, yakni bantuan untuk Masjid Al-Amin Trans Desa Benjijna Rp100 juta,  Masjid Al-Ikhlas Desa Benjina Rp100 juta, Gereja jemaat GPM Namara Rp100 juta,
Pengajian Al-Hidayah Rp50 juta, dan Panitia Sidang Klasis GPM Aru Tengah Rp50 juta.

(dp-31)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi