News Ticker

Program CSR Telkomsel ‘Baktiku Negeriku’ Hadir di Banda Naira

Telkomsel telah meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) ‘Baktiku Negeriku’ yang kali ini hadir di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.
Share it:
Telkomsel kembali luncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) ‘Baktiku Negeriku’
yang kali ini hadir di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku
Banda Naira, Dharapos.com 
Telkomsel kembali luncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) ‘Baktiku Negeriku’ yang kali ini hadir di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Lokasi yang terpilih adalah daerah yang memiliki potensi kekayaan alam serta kearifan lokal yang unik namun masih berada di taraf kehidupan yang relatif rendah, seperti pada pulau yang dikenal memiliki gunung berapi aktif ini.

Program CSR Baktiku Negeriku ini telah dipersiapkan sejak Mei 2017 dan pelaksanaan di lapangan dimulai pada Juli 2017 di 8 titik daerah pelosok Indonesia.

Dan difokuskan pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di berbagai daerah pelosok di Indonesia melalui teknologi, pemberdayaan masyarakat serta pendidikan.

Kemudian melibatkan partisipasi langsung dari para karyawan Telkomsel ini meliputi berbagai aktivitas seperti kerja sukarela karyawan (employee volunteering), gerakan peduli lingkungan (green movement), pembangunan fasilitas pusat digital (digital center), serta pembangunan infrastruktur.

Serikat Pekerja Telkomsel (SEPAKAT) menjadi mitra strategis dalam pelaksanaan Employee Volunteering, sehingga diharapkan melalui program ini karyawan dapat berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat dan juga mendukung terjalinnya hubungan industrial yang harmonis antara karyawan dan perusahaan.

Program Baktiku Negeriku meliputi program mentoring bagi anak muda setempat mengenai pemanfaatan teknologi informasi dengan melibatkan kelompok pemuda desa atau Karang Taruna.

Pelatihan ini ditujukan agar mereka dapat berperan sebagai “Agent of Change” atau agen perubahan yang akan memimpin komunitas lokal menuju kehidupan yang lebih baik dengan memanfaatkan ekosistem digital.

Selain itu, karyawan Telkomsel juga turut memberikan pelatihan tentang Digital Citizenship dan keahlian lainnya secara praktis.

Melalui program ini Telkomsel juga menginisiasikan Green Movement berupa gerakan dan aksi-aksi pelestarian alam lingkungan beserta ekosistemnya dengan mengajak warga setempat untuk menghadapi isu lingkungan seperti perubahan iklim.

Di Pulau Banda Neira, Telkomsel mengirimkan 7 orang karyawan yang tergabung dalam program Employee Voluntary Program yang telah di seleksi secara internal, untuk berangkat meninggalkan rutinitasnya sebagai pegawai dan terjun langsung berbagi wawasan, berkontribusi, serta melihat langsung kondisi kehidupan masyarakat di daerah pelosok.

Sebelum terjun ke lokasi, para peserta mengikuti kegiatan Training of Trainer di Ambon untuk membekali para karyawan dengan materi-materi serta cara berkomunikasi yang baik oleh para fasilitator berpengalaman agar informasi yang disampaikan dapat diterima secara maksimal oleh masyarakat.

Setelah ditempa selama 2 hari, tim Baktiku Negeriku Telkomsel melanjutkan kegiatan di Pulau Banda Neira sejak 28 November – 1 Desember 2017.

Berbagai rangkaian kegiatan telah disiapkan mulai dari bersih-bersih pantai, edukasi internetBAIK, serta pemberian bantuan berupa berupa buku-buku bacaan untuk perpustakaan di sekolah-sekolah di wilayah pulau Banda Neira.

Kemudian juga berbagai perangkat penunjang pencarian ikan mulai dari senter untuk kapal, kompas, GPS, dan radar Fish Finder yang bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari ikan dengan lebih mudah. Melalui kegiatan ini Telkomsel juga melakukan sosialisasi mengenai aplikasi terbaru yang telah dikembangkan yang mengambil tema kegiatan CSR kali ini yaitu Baktiku Negeriku.

Aplikasi yang dapat diunduh melalui gadget dan smartphone ini menyajikan berbagai informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media publikasi dan promosi potensi perikanan yang ada di Morotai.

“Sebagai perusahaan yang beroperasi sangat dekat dengan masyrakat, Telkomsel ingin memberikan manfaat yang lebih kepada lingkungannya. Program CSR Baktiku Negeriku adalah salah satu wujud nyata dukungan Telkomsel dalam mengembangkan potensi masyarakat,” ungkap GM Stake Holder & Management Telkomsel Area Pamasuka – Intan Nagari dalam rilisnya kepada Dharapos.com, Senin (4/12).

Pihaknya berharap program ini akan meningkatkan daya kompetisi masyarakat sehingga ke depannya mendapatkan taraf kehidupan yang lebih baik.

“Program CSR ini menjadi lengkap karena kami melibatkan langsung partisipasi karyawan untuk turun ke tengah-tengah masyarakat. Kami pun berharap program ini dapat mempererat komunikasi yang terjalin antara karyawan Telkomsel dengan masyarakat setempat,“ jelas Intan.

Program yang menyasar pertumbuhan berkelanjutan ini juga akan melaksanakan pembangunan dan renovasi fasilitas umum diantaranya seperti balai kesehatan, pusat media dan edukasi warga, fasilitas sanitasi dan air bersih, atau serta pusat usaha kecil menengah (UKM).

Hal ini dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait antara lain pemerintah setempat, TNI, dan lain-lain.

Di sisi lain, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang teknologi, Baktiku Negeriku juga akan membagun digital centre (pusat digital) yang dilengkapi dengan akses Wi-Fi.

Di tempat ini para penduduk bisa mempelajari pemanfaatan Internet dengan menggunakan perangkat komputer maupun telepon pintar didampingi oleh mentor dan agen perubahan yang berasal dari anak muda setempat yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari Telkomsel.

Hal ini diharapkan mampu menginspirasi anak muda tersebut untuk kembali membangun desanya dengan segenap potensi dan kearifan lokal yang dimilikinya.

(dp-16)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi