News Ticker

Kinerja Keuangan Perbankan di Maluku Terus Catat Pertumbuhan Positif

Perbankan di Provinsi Maluku terus mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif.
Share it:
Ilustrasi penyaluran kredit terus bertumbuh 
Ambon, Dharapos,com
Perbankan di Provinsi Maluku terus mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif.

Fakta tersebut diperoleh pasca pencapaian pertumbuhan kredit tembus di angka 12 persen pada posisi Agustus 2017.

Bambang Hermanto selaku Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku dalam rilisnya kepada media ini, kemudian merincikan posisi September 2017 dimana penyaluran kredit perbankan secara year on year (yoy) masih tumbuh diatas 12 persen tepat  12,93 persen dengan nominal senilai Rp1,24 Triliun menjadi Rp10, 83 Triliun.

Hal ini meningkat lebih tinggi dibandingkan posisi Agustus 2017 yang tercatat sebesar 12,72 persen (yoy).

Pertumbuhan kredit tersebut di rasa cukup menggembirakan dibandingkan dengan pertumbuhan kredit perbankan nasional, yang pada posisi yang sama baru mencatat sebesar 7,90 persen atau senilai Rp339,07 Miliar.

Bahkan, secara keseluruhan, perbankan di Provinsi Maluku berhasil mencapai hasil kinerja positif melalui penyaluran kredit yang sehat.

“Terlihat dari kualitas kredit posisi September 2017 dengan NPL sebesar 1,38 dengan kondisi terhitung masih jauh di bawah NPL nasional sebesar 3,01 persen,” bebernya.

Langkah perbankan untuk menggenjot pencapaian target kredit pada Triwulan IV 2017 ini, akan menjadi salah satu pemicu terus menguatnya penyaluran kredit.

Apalagi, di saat yang bersamaan masyarakat Maluku menyambut persiapan Natal dan Tahun Baru yang akan mendorong peningkatan tingkat konsumsi masyarakat dan berdampak pada kebutuhan kredit konsumtif yang cukup tinggi.

“Hal ini tercermin dalam share kredit produktif dan konsumtif pada tahun 2016 yang menunjukkan pangsanya menguat dalam tiga bulan terakhir dalam tahun tersebut yakni dari share 66, 88 persen pada akhir Triwulan II menjadi 68,24 persen pada akhir Tahun 2016,” tukasnya.


(dp-19)
Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi