News Ticker

KNPI MTB Berbagi Kasih Bersama Penyandang Disabilitas di Harlah ke 44

Peringatan Hari lahir (Harlah) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang ke-44 Tahun ini di kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Minggu malam (23/7) dirayakan secara sederhana bersama sejumlah anak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas yang bertempat di panti asuhan milik Yayasan Bakti Luhur, Saumlaki.
Share it:
KNPI MTB di momen yang ke-44 menggelar perayaan secara sederhana bersama anak-anak  penyandang disabilitas bertempat di Panti Asuhan milik Yayasan Bakti Luhur, Saumlaki,  Minggu malam (23/7)

Saumlaki, Dharapos.com

Peringatan Hari lahir (Harlah) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang ke-44 Tahun ini di kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Minggu malam (23/7) dirayakan secara sederhana bersama sejumlah anak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas yang bertempat di panti asuhan milik Yayasan Bakti Luhur, Saumlaki.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI MTB, Ongen Layan dalam sambutannya pada acara syukuran tersebut menjelaskan bahwa perayaan Harlah KNPI tahun ini dirayakan bersamaan dengan perayaan Hari Anak Nasional.

Dengan demikian DPD KNPI MTB memutuskan untuk merayakan perayaan tersebut bersama anak-anak penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini merupakan bentuk keberpihakan kami, dimana bukan hanya soal kesibukan mengurus organisasi yang kami prioritaskan melainkan kepekaan terhadap lingkungan sosial. Memang tidak banyak yang dapat kami berikan tapi kami senang bisa berbagi kasih dengan adik-adik yang berkebutuhan khusus, apalagi hari ini juga merupakan Hari Anak Nasional,” urainya.

Ongen menambahkan bahwa anak berkebutuhan khusus atau disabilitas pada umumnya menunjukkan ketidakmampuan mental, emosi dan fisik seperti penderita tunarungu, tunanetra, tunalaras, tunadaksa dan lain-lain.

Sehingga membutuhkan perhatian khusus yang lebih banyak dan humanis, karena anak disabilitas juga memiliki hak untuk hidup normal seperti anak lainnya.

“Kami memastikan bahwa ke depan, kegiatan kunjungan sosial ini bukan hanya terbatas di sini tetapi kami juga akan berkunjung ke lingkungan komunitas yang lain sebagai bentuk komitmen kami untuk menjaga keseimbangan dalam organisasi,” sambungnya lagi.

KNPI MTB juga menyerahkan bingkisan kado berupa sejumlah bahan makanan seperti beras dan mie, serta sejumlah cemilan bagi anak-anak yang diterima perwakilan pengelola Yayasan Bakti Dharma, Sr. Anna Alma
Senada, Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten MTB, Salvinus Solarbesain dalam kesempatan itu mengajak Pemuda di MTB untuk bersatu dan tidak pragmatis dalam kehidupan berorganisasi.

Dia berharap, dengan bertambah usianya KNPI, para pemuda yang berhimpun dalam wadah ini semakin dewasa, dan menjaga soliditas untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa, khususnya di daerah Maluku dan lebih khusus di Kabupaten MTB.

“Pemuda hendaknya tidak hanya berjuang dalam persoalan persoalan besar bangsa ini tetapi hendaknya responsive atau terlibat langsung dengan persoalan-persoalan social seperti ini yang menyentuh langsung dengan hajat hidup manusia”tandasnya.

Perwakilan pengelola Yayasan Bakti Dharma, Sr. Anna Alma dalam kesempatan itu menyambut baik kedatangan sejumlah fungsionaris DPD KNPI MTB dan sejumlah fungsionaris Gerakan Mahasiswa NasionalIndonesia (GMNI) setempat.

“Kami sangat bersyukur bahwa KNPI MTB telah memilih berbagi kasih dengan kami di hari lahirnya KNPI sekaligus Hari Anak Nasional ini. Kami tidak mengharapkan apa-apa, tetapi dengan kedatangan saudara-saudari ini, anak-anak kami di sini menjadi senang. Saya berharap kunjungan ini tidak terbatas pada hari ini, melainkan di hari-hari mendatang,” lanjutnya.

Dijelaskan pula bahwa total anak penyandang disabilitas yang dirawat di dalam panti asuhan tersebut berjumlah 21 orang, sedangkan yang dirawat di luar panti dan tersebar hingga pelosok desa ada 12 anak.

Para penyandang disabilitas tersebut terdiri dari penderita Epilepsi, cacat mental maupun anak normal yang butuh perlindungan karena ditelantarkan.

Selain wujud syukur yang dipanjatkan dalam kegiatan tersebut, DPD KNPI MTB juga menyerahkan bingkisan kado berupa sejumlah bahan makanan seperti beras dan mie, serta sejumlah cemilan bagi anak-anak.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi