News Ticker

FPMK 2016, Gubernur : Mari Buat Hidup Kita Menjadi Pesona Bagi Banyak Orang

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff mengajak semua pihak baik Pemerintah daerah maupun masyarakat Kepulauan Kei untuk menjadikan hidup masing-masing menjadi pesona bagi banyak orang.
Share it:
Mendagri RI, Gubernur dan Bupati Malra berpose bersama saat menghadiri acara puncak FPMK 2016
Langgur, Dharapos.com
Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff mengajak semua pihak baik Pemerintah daerah maupun masyarakat Kepulauan Kei untuk menjadikan hidup masing-masing menjadi pesona bagi banyak orang.

“Mari buat hidup kita menjadi pesona bagi banyak orang,” ucapnya seraya mengapresiasi acara Festival Pesona Meti Kei (FPMK) 2016 saat menghadiri puncak acara di Pasir Panjang (Ngur Bload) Ngilngov Kecamatan Manyeu Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu (22/10) petang.

“Penyelenggaraan FPMK ini sekaligus menegaskan kepada kita semua betapa karunia Tuhan yang luar biasa bagi kepulauan di Maluku (Pulau Kei, red),” ucapnya.

Menurut Assagaff, potensi SDA yang melimpah dan aneka destinasi wisata yang sungguh indah jika dikelola secara profesional maka akan mendatangkan kebaikan bagi segenap warga masyarakat.

“Demikian pula potensi SDM dengan semangat kebersamaan menurut filsafat daerah orang Kei Ain Ni Ain  telah mengantarkan kita pada even yang berbahagia ini,” lanjutnya.

Suksesnya FPMK, lanjut Assagaff, merupakan upaya dan kerja keras segenap masyarakat kabupaten Maluku Tenggara bahkan seluruh masyarakat Suku Kei pada umumnya.

Untuk itu, dirinya mengajak untuk terus menjaga kebersamaan antara Pemerintah dengan masyarakat, antar agama,  suku dan berbagai keragaman lainnya demi kebaikan bersama.

Masyarakat Kei, sambung Assagaff, dikenal sebagai salah satu masyarakat yang masih kental dengan nilai – nilai budaya dan adat istiadat dengan berpedoman pada Hukum Adat Lar Wul Ngabal dengan filsafat “Fuut Mehe Ni Mevun Manut Mehe Ni Tilur (satu ikatan Persaudaraan).

Pada momen istimewa yang dihadiri Menteri Dalam Negeri  Tjahjo Kumolo, Assagaff langsung memperkenalkan potensi destinasi wisata  yang ada di kepulauan Kei.

Juga  tak lupa mengucapkan terima kasih dan selamat serta memberi penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah maupun masyarakat  Kabupaten Maluku Tenggara atas usaha kerja keras dan cerdas, dimana telah meraih juara satu pada kategori “Surga Tersembuyi” terpopuler Anugerah Pesona Indah, oleh Kementrian Pariswisata Indonesia 2016.

“Atas suksesnya Festival Pesona Meti Kei saya berpesan agar apa yang telah diperoleh ini perlu untuk terus dijaga dengan baik,” tukasnya.

FPMK yang telah digelar sejak 8 Oktober 2016 menampilkan sejumlah kegiatan  seperti diving & snorkling Kei, Festival seni & Budaya Kei, tarik tali tangkap ikan tradisional, Festival menu Enbal (rekor muri), tour keliling pulau (Touring small island Kei), lomba lari 10 Km, pameran potensi wisata kei, festival cerita rakyat Kei, lomba foto pariwisata Kei, serta Tarian Tradisional Kei (rekor muri).

(dp-20)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi