News Ticker

Tim Kemenko Maritim ke Saumlaki Serap Aspirasi Soal Blok Masela

Tim khusus dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, menggelar pertemuan terbatas dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Rabu (22/9).
Share it:
Tim khusus dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, saat menggelar pertemuan terbatas dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat
Saumlaki, Dharapos.com
Tim khusus dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, menggelar pertemuan terbatas dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Rabu (22/9).

Kepala Bidang Infrastruktur Migas Kemenko Maritim RI, Hari Kusmardianto  saat dikonfirmasi mengatakan dalam pertemuannya tersebut, pihaknya lebih banyak mendengar aspirasi tentang kesiapan di berbagai sektor dalam rangka pembangunan Blok Masela.

Disamping itu, kunjungan tim Kemenko Maritim juga turut memonitor perkembangan pelaksanaan berbagai macam program di bidang energi yang dilaksanakan di Saumlaki, sesuai dengan sejumlah program pemerintah disektor tersebut.

Menurutnya, Gas alam memainkan peran penting dalam transformasi perekonomian daerah. Dengan demikian pembangunan infrastruktur pengolahan dan pemanfaatan gas alam di darat akan memberikan multiplier effect bagi wilayah dimana infrastruktur dibangun.

“Dan secara langsung akan membutuhkan ribuan pekerjaan terampil dan secara tidak langsung bagi masyarakat di sekitarnya,” urainya.

Lanjut Hari, stimulus ekonomi yang dihasilkan oleh pembangunan infrastruktur fasilitas produksi juga akan meningkatkan pendapatan daerah dan dapat mendorong tumbuhnya ekonomi tambahan sebagai pendapatan daerah yang berkelanjutan.

Penyerahan cenderamata oleh Asisten 3 Setda MTB, dr. Edwin Tomasoa (kiri)
“Sebagai bagian untuk dapat memberikan penyusunan telaahan kebijakan terkait dengan pembangunan fasilitas produksi gas alam  dari Blok Masela, maka diperlukan informasi awal dengan melakukan pertemuan langsung dengan pimpinan daerah dan jajarannya guna mengetahui dan memahami dari dekat kondisi daerah dimana lapangan gas berada,” tandasnya.

Hal ini dipandang sangat penting oleh karena pengembangan fasilitas produksi dapat mendorong pertumbuhan industri turunan dalam jangka panjang akan menjadi generator bagi pendapatan pemerintah pusat secara berkelanjutan.

Dan di samping itu, pembangunan fasilitas produksi gas dan industri pendukung akan langsung meningkatkan partisipasi sumber daya lokal baik di sektor barang dan atau jasa.

“Untuk memastikan hal ini terjadi, maka pemantauan, pengawasan dan pengendalian harus terus dilakukan oleh pihak terkait guna mendorong proses percepatan pelaksanaannya dibutuhkan sinergi dan koordinasi lintas sektoral dan terpadunya proses perencanaannya,” pungkasnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Pendopo Bupati, tim tersebut terdiri dari perwakilan Kementrian Koordinator bidang Kemaritiman seperti Hari Kusmardianto (Kepala Bidang Infrastruktur Migas), John Tambunan (kepala Bidang Mineral dan Batu Bara), Iwan Kurniawan (Kepala bidang hukum), Muhamad Rizal (Kabid Tata usaha dan pelaporan) dan Abi Maulana (Staf sekretariat).

Foto bersama
Kemudian 2 orang utusan dari Kementrian Perindustrian yakni Thamrin Tasrin (Kasubdit Industri Kimia Anorganik, Ditjen Industri kimia,Tekstil dan aneka), dan Arianto Wibowo (Kasubbid Penguatan Struktur Industri, Pusat Penelitian dan Pengembangan Iklim Usaha Industri).

Turut juga dalam tim sebanyak 5 orang utusan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pusat Studi Energi Universitas Gaja Mada (PSE-UGM).

Sebelumnya, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokoler pada Sekretariat Daerah MTB, K. J. Matruty yang dikonfirmasi menuturkan terkait kunjungan tim Kemenko Maritim RI ke Saumlaki, Kabupaten MTB.

“Tim ini melakukan kunjungan kerja ke Saumlaki selama dua hari yakni tanggal 21 dan 22 September dengan agenda beraudiensi dengan Bupati, dan selanjutnya melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten MTB guna mendapatkan informasi awal tentang kondisi kabupaten MTB,” rinci Kepala Sub Bagian Humas dan Protokoler pada Sekretariat Daerah MTB, K. J. Matruty.

(dp-18)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi