News Ticker

Sosialiasikan Metode GASING, INPEX Gelar Kompetisi Matematika

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di negeri berjuluk "Duan Lolat" ini, perusahan migas asal Jepang, INPEX bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Maluku Tenggara Barat menggelar Kompetisi Matematika se – Tanimbar Selatan dengan mengusung konsep pembelajaran yang unik dan menarik yakni GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan).
Share it:
Sebagian murid SD yang ikut serta dalam Kompetisi Matematika dengan mengusung metode GASING yang diselenggarakan perusahaan migas asal Jepang, INPEX bekerja sama dengan Dinas Pendidikan MTB
Saumlaki,  Dharapos.com
Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di negeri berjuluk "Duan Lolat" ini, perusahan migas asal Jepang, INPEX bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Maluku Tenggara Barat menggelar Kompetisi Matematika se – Tanimbar Selatan dengan mengusung konsep pembelajaran yang unik dan menarik yakni GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan).

Bertempat di SDN Inpres Sifnana belum lama ini, kompetisi ini merupakan kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Acara yang diikuti oleh 200 murid & 62 guru peserta lomba dihadiri segenap unsur pelaku dan pemerhati pendidikan se – MTB  ini merupakan bukti komitmen INPEX  dalam membantu Pemerintah daerah setempat membangun dan memajukan daerahnya.

Majunya suatu daerah tidak terlepas dari sejauh mana daerah tersebut memperhatikan mutu dan kualitas pendidikan. Dan salah satu faktor yang menjadi titik sentral terselenggaranya pendidikan yang berkualitas adalah sejauh mana proses belajar-mengajar tersebut dapat dilaksanakan dan berjalan efektif.

“Sebagai perusahaan migas, sebenarnya kami belum memproduksi gas dan belum mendapatkan keuntungan di Blok Masela ditambah lagi dengan situasi akhir-akhir ini dimana harus menghadapi berbagai tantangan terkait dengan keberlanjutan proyek Blok Masela. Namun demikian kami tetap memiliki komitmen untuk turut membantu pemerintah daerah membangun kabupaten ini dengan jalan menyelesaikan sejumlah program sosial yang sudah kami rintis sejak tahun 2011," ujar Senior Manager Communication & Relations INPEX Corporation, Usman Slamet dalam rilisnya yang diterima media ini, Jumat (19/8).

Terkait dengan pendidikan, Usman menambahkan, sektor ini merupakan salah satu sektor utama yang menjadi perhatian besar INPEX.

Berangkat dari keyakinan bahwa basis utama majunya suatu wilayah berawal dari pendidikan yang berkualitas, INPEX ingin membantu Pemda dalam rangka menciptakan mutu pendidikan yang berkualitas.
INPEX selanjutnya menggandeng Yayasan Surya Institute milik Professor Yohanes Surya yang telah terbukti menelurkan sejumlah siswa berprestasi dalam ajang olimpiade internasional.

Melalui metode GASING, Usman berharap kualitas pembelajaran di kelas lebih dinamis, aktif dan menyenangkan bagi siswa.

Khusus terkait program Baca Tulis Berhitung (CALISTUNG), INPEX telah turut berperan membantu Pemda melalui sejumlah program sejak tahun 2011.

Usman menjelaskan,untuk tahun 2011 – 2013 INPEX bekerja sama dengan guru-guru muda di MTB yang tergabung dalam Indonesia Mengajar guna menyelenggarakan sejumlah even dalam rangka mensosialisasikan dan menggalakkan CALISTUNG khususnya untuk siswa pendidikan dasar.

Chief Program OfficerYayasan Surya Institute, Verlin Vitriana menjelaskan, lomba kali ini merupakan tahapan akhir dari sejumlah tahapan yang telah dilakukan.

Tahapan-tahapan tersebut antara lain pelatihan, micro teaching, dan monev (monitoring & evaluasi).

Sementara, lomba kali ini merupakan evaluasi atas pencapaian hasil implementasi metoda GASING yang telah dilaksanakan.

Verlin melanjutkan, lomba kali ini menghadirkan 200 murid SD kelas 3 hingga 5 yang merupakan perwakilan dari seluruh SD.

Tidak hanya murid, perwakilan guru juga ikut dilombakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka mengenai konsep GASING.

Tidak kurang dari 62 perwakilan guru dari 24 SD (5 gugus) di Tanimbar Selatan berpartisipasi.

Program ini, menurut Verlin khususnya menyasar kepada guru-guru yang memiliki peran sentral terhadap terciptanya proses belajar mengajar yang ideal dan berkualitas. Melalui metode GASING yang diajarkan, kini telah terlihat adanya peningkatan kemampuan matematika peserta khususnya tentang konsep-konsep matematika dasar.

Terkait dengan keberlanjutan program ini, Verlin menyarankan agar sekolah mengoptimalkan forum-forum guru yang ada.

“Melalui forum KKG maupun forum K3S, peserta yang telah mendapatkan pelatihan dapat menularkan pengetahuan ini kepada guru lain di daerahnya sehingga gerakan pembelajaran Metode Gasing dapat disosialisasikan di Kecamatan  lain di lingkungan Kabupaten Maluku Tenggara Barat sehingga dapat dinikmati semuapihak,” tukasnya.

Tentang INPEX

INPEX adalah Perusahaan Minyak dan Gas terbesar dari Jepang yang saat ini mempunyai lebih dari 70 proyek minyak dan gas di lebih dari 20 negara termasuk di Indonesia, Australia, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, dan Brazil.

Di Indonesia, INPEX telahberoperasisejaktahun 1966.

Saat ini, INPEX berpartisipasi dalam 10 blok migas yang mencakup kegiatan eksplorasi, pengembangan dan produksi termasuk di Blok Masela dimana INPEX menjadi operator.

Blok Masela terletak di lepas pantai, yaitu di Laut Arafura sekitar 155 km arah Barat Daya Kota Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.

(dp-18)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi