News Ticker

Selalurin: Akhir April Wings Air Masuk Dobo

Maskapai penerbangan Wings Air dipastikan akhir April ini akan melayani rute penerbangan dari Ambon tujuan Dobo, begitu pun dengan rute sebaliknya melalui Tual.
Share it:
Januaris Selalurin
Dobo, Dharapos.com
Maskapai penerbangan Wings Air dipastikan akhir April ini akan melayani rute penerbangan dari Ambon tujuan Dobo, begitu pun dengan rute sebaliknya melalui Tual.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Bandara Rar Gwamar Dobo, Januaris Selalurin, kepada sejumlah wartawan, Jumat (22/4).

“Saya pastikan akhir April ini pesawat Wings Air tipe ATR-72 resmi mendarat di Bandara Rar Gwamar Dobo,” tegasnya.

Penegasan Januaris tersebut sekaligus meluruskan pemberitaan sejumlah media di Ambon yang mengatakan kalau masyarakat di kabupaten berjuluk “Bumi Jargaria” ini tidak mendukung  masuknya  pesawat Wings Air di Dobo.

“Jadi, kalau ada yang mengatakan masyarakat Aru menolak pesawat Wings Air sebagaimana yang ditulis media di Ambon, itu sebenarnya alasan yang tidak berdasar sama sekali bahkan tidak masuk akal,” kecamnya.

Menurut Januaris, informasi yang dihembuskan itu hanyalah ibarat seorang anak kecil yang lagi ngambek atau marah kepada orang tuanya. Pasalnya, isu tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Saya bisa pastikan 95 persen masyarakat Aru mendukung pesawat Wings Air masuk di Dobo. Jadi kalau ada pihak lain yang mengatakan Rar Gwamar Dobo tidak layak untuk didarati pesawat Wings Air adalah tidak benar,” cetusnya.

Lebih lanjut, jelas Januaris, setelah dilakukan perbaikan terhadap landasan pacu bandara tersebut dan kemudian telah direalisakan tanggal 31 Desember 2015, maka selaku pimpinan UPBU dirinya menyatakan bahwa landasan pacu Bandara Rar Gwamar Dobo siap dan memenuhi persyaratan untuk maskapai lain.

Menurutnya kendati itu hanya wacana namun sebagai pimpinan UPBU pihaknya telah menyurati Pemerintah
Pusat melalui Dirjen Perhubungan Udara tertanggal 03 Januari 2016 guna mendatangkan Taem Teknis untuk mengevaluasi kembali landasan pacuh bandara Rar Gwamar dobo apakah pekerjaan yang di lakukan tersebut telah memenuhi standar atau tidak.

Setelah satu minggu di lakukan evaluasi oleh pihak Dirjen Perhubungan maka landasan pacu bandara Rar Gwamar Dobo dinyatakan layak dan memenuhi standar karena Piseinnya mencai 28 dari 300 meter yang telah di perbaiki sehingga ada peluang untuk maskapai lain yakni pesawat jenis ATR tipe 72 seri  500 hingga 600 seperti yang digunakan maskapai Wings Air dan Garuda.

“Setelah teman-teman dari Dirjen Pusat turun dan mengevalusi landasan itu, kenyataannya bisa karena
Piseinnya mencai 28 dari 300 meter yang telah di perbaiki sehingga membuka peluang bagi Mascapai lain yakni pesawat jenis ATR type 72 sery 600 hingga 500 seperti Wings Air maupun Garuda masuk, jadi tidak ada masalah, “ tandasnya.

Olehnya itu, Januaris berharap kepada seluruh masyarakat Maluku pada umumnya dan khususnya masyarakat Aru bahwa isu-isu murahan yang sengaja di mainkan oleh oknum-oknum pejabat tertentu agar tidak di dengar.

Karena, menurut dia, kehadirannya di Kabupaten Kepulauan Aru adalah untuk memperjuangkan dan memajukan Kabupaten ini sehingga menjadi setara dengan Kabupaten lain yang jauh lebih maju dari Aru.

“Beta secara tegas menyatakan bahwa Bandara Rar Gwamar Dobo layak dan izin rutenya sudah ada di tangan saya sehingga Wings Air dinyatakan layak terbang d ke Kabupaten Kepulauan Aru,” tukas Januaris

Sebelumnya, mantan Kepala Bandara Samulaki Baru ini juga menjadi salah satu tokoh penting dibalik masuknya dua maskapai penerbangan Wings Air dan Garuda ke kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Sejumlah pihak pada awalnya sempat meragukan apa yang menjadi harapannya tersebut.

Namun karena kinerja yang profesional dari Januaris serta dukungan penuh dari Pemerintah Daerah MTB dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI, akhirnya “burung besi” Wings Air dan Garuda resmi mendarat di bandara yang kini resmi bernama Mathilda Batlayeri.

Keberhasilan tersebut kembali ditunjukkan dengan berbagai upaya hingga melobi ke pihak maskapai dan Kemenhub RI bersama Penjabat Bupati saat itu, Angelus Renyaan hingga akhirnya apa yang menjadi cita-cita masyarakat di Bumi Cenderawasih terjawab sudah.

Sementara itu, informasi yang diperoleh Dhara Pos, Jumat (22/4) dari petugas Wings Air di Bandara Pattimura Ambon dipastikan pesawat tipe ATR 72 milik maskapai tersebut akan terbang perdana tanggal 27 April 2016 dengan rute Ambon - Tual - Dobo pergi pulang.

"Tiketnya sudah dijual," sambungnya.

(dp-31)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi