News Ticker

RituaL Adat Awali Beroperasinya PT EBM di Kebes

Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam pemerataan infrastruktur khususnya akses jalan hotmix bagi masyarakat Kei Besar dipastikan dalam waktu dekat akan terealisasi.
Share it:
Ritual adat penanaman piring di
"Wama" atau pusat kampung
Langgur, Dharapos.com
Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam pemerataan infrastruktur khususnya akses jalan hotmix bagi masyarakat Kei Besar dipastikan dalam waktu dekat akan terealisasi.

Proyek jalan hotmix tersebut bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

PT.Evav Bangun Mandiri (PT.EBM) yang selama ini bergerak dal am pengerjaan konstruksi jalan terlihat telah mempersiapkan mobilisasi alat berat serta pembangunan AMP Di Desa larat kecamatan kei besar selatan

Warga Desa larat, perangkat adat  bersama tokoh agama yang di pimpin Pejabat Kepala Desa Ifrosim Roroa menyambut dengan penuh antusias atas kehadiran PT. EBM di Kei besar yang mana telah memilih Desa Larat sebagai lokasi armada sekaligus titik nol pelaksanaan pekerjaan.

Menyambut itu, ritual adat pun digelar oleh masyarakat setempat.

Pantauan media ini, upacara yang berlangsung Rabu (27/4), diawali penyembelihan satu ekor kambing yang dipimpin langsung Imam Masjid Larat M Syeh Rahanyamtel sebagai simbol pengorbanan guna perlindungan dan keselamatan bagi warga serta PT. EBM dalam pemanfaatan hak ulayat petuanan Desa Larat.

Setelah itu warga Muslim  Larat baik yang berdomisili di desa maupun yang berdomisili diluar Desa larat diundang untuk sama-sama menggelar ritual "Nit Rirwang" atau doa bersama kepada Allah SWT dan para leluhur sebagai wujud rasa bersyukur.

Ritual adat tersebut diakhiri dengan "Hol Tul Wama"  atau permintaan izin  kepada para leluhur yang di pimpin tetua adat dengan memasukan daun siri dan mas adat Kei ke dalam sebuah piring dibarengi ucapan beberapa kalimat pendek dalam bahasa Kei. Piring tersebut kemudian ditanam di "Wama " atau pusat kampung.

Setelah ritual adat selesai, pejabat desa larat Ifrosim Roroa dalam sambutanya didepan warganya mengucapkan rasa syukur sekaligus bangga atas rezeki yang telah diberikan Tuhan melalui PT. EBM yang mana telah memilih Desa Larat sebagai pusat operasional.

Roroa juga menghimbau kepada warga agar bersatu mendukung dan menjaga keamanan demi kenyamanan investasi.

Di kesempatan yang sama Direktur PT. EBM yang diwakili Ruslani Rahayaan mengharapkan 3 dukungan dari masyarakat Desa Larat.

Pertama, menjaga keamanan dan ketertiban didalam masyarakat sehingga investasi dan keberlangsungan usaha berjalan kondusif. Kemudian yang kedua, komunikasi antara masyarakat dan perusahan agar intens terjalin guna memantapkan keberadaan perusahaan dalam menjalankan aktivitas.

"Dan yang ke tiga suprastruktur dimana pemerintahan desa, adat dan agama sebagai 3 pilar yang harus dijaga bersama antara perusahaan dan warga," pintanya.

(Iwan)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi