News Ticker

DO: Ratissa Punya Integritas Baik dan Terukur

Bakal Calon Bupati Maluku Tenggara Barat, Drs.Dharma Oratmangun,M.Si alias DO akhirnya secara resmi mengajukan lamaran ke dua partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Maluku Tenggara Barat yakni Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) dan Partai Demokrat (PD) pada Jumat siang (15/4).
Share it:
Drs. Dharma Oratmangun, M.Si
Saumlaki, Dharapos.com
Bakal Calon Bupati Maluku Tenggara Barat, Drs. Dharma Oratmangun,M.Si alias DO mengakui jika pasangan yang dipilihnya memiliki integritas baik dan terukur.

Saat dihubungi Dhara Pos pekan kemarin disela-sela kesibukannya sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar yang tengah mempersiapkan akomodasi peserta Munas Golkar di Bali, politisi Partai Golkar ini menjelaskan bahwa keputusan akhirnya untuk memilih Sony Hendra Ratissa sebagai wakilnya sudah ditempuh sebagaimana janjinya kepada masyarakat.

“Sonny Hendra Ratissa adalah salah satu putra Duan Lolat yang punya integritas baik dan terukur. Kinerja beliau di DPRD MTB selama dua periode ini baik adanya serta telah terbukti sangat berpihak pada kepentingan rakyat. Selain itu Bung Sonny adalah salah satu kader generasi muda yang punya karakter serta jati diri yang teguh di dalam prinsip-prinsip kebenaran serta sangat menghargai dan setia pada komitmen perjuangan,” urainya.

Dengan demikian janji DO untuk mempersunting pasangan calon wakilnya dengan menggunakan pendekatan budaya Tanimbar akhirnya terjawab sudah.

Diakuinya pula, nama Sony Hendra Ratissa direferensikan oleh beberapa Parpol ketika berlangsung komunikasi politik.

“Nah, parpol-parpol pengusung inilah yang saya sebut sebagai Para Duan Dawan. Selain itu, kandidat yang direferensikan ini selaras dengan Limdriti yang mau dipinang. Oleh karena itu Para Duan kini sedang dikomunikasikan untuk mempersiapkan harta kawin yang bernilai tinggi saat meminang atau "masuk minta" nanti,” jelas DO.

Bertalian dengan hal tersebut di atas maka sudah barang tentu Limdriti yang punya bobot bibit bebet yang baik itu telah dikonsultasikan oleh para Duan Dawan sehingga nama limdriti tersebut mulai disampaikan dan dikenalkan kepada para sanak keluarga dan juga publik masyarakat pada umumnya.

“Sehingga saat yang tepat untuk proses masuk minta serta pernikahan itu mulai dibicarakan dan diatur sebaik-baiknya setelah para kerabat mesti menyusun hari baik tentunya,” pungkasnya.

DO kemudian secara resmi mengajukan lamaran ke dua partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Maluku Tenggara Barat yakni Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) dan Partai Demokrat (PD) pada Jumat siang (15/4).

Pendaftaran di dua partai milik dua jenderal purnawirawan ini juga pun langsung dilakukan oleh Bakal Calon Wakil Bupati, Sony Hendra Ratissa, S.Hut yang sebelumnya telah diprediksi akan dipinang DO untuk merebut kursi MTB 1 dan 2.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dharma Oratmangun (DO), salah satu kandidat Bakal Calon (Balon) Bupati telah mulai menyosialisasikan dirinya untuk maju bertanding dalam Pilkada Maluku Tenggara Barat 2017 mendatang.

Bahkan sebagai bentuk keseriusan dirinya untuk bertanding, DO telah mendaftarkan dirinya pada sejumlah Parpol.

Saat ditanya soal pasangan Balon Wakilnya, DO menjelaskan bahwa dirinya tetap akan mengedepankan etika dan budaya dalam konteks Duan-Lolat, sebagaimana karakter dasarnya sebagai anak asli negeri Duan-Lolat.
Bakal calon Wakil Bupati Sony Hendra
Ratissa, S.Hut saat mendaftar
di Partai Demokrat MTB

Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Maluku ini menjelaskan bahwa pernikahan kepemimpinan itu haruslah penuh dengan kesetiaan di mana sebagai anak negeri Duan-Lolat, dirinya perlu mencerminkan nila-nilai budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur Tanimbar sejak jaman dahulu. Menjadi pemimpin berarti perlu menjadi pola anutan rakyat, sehingga tidak ada tawaran lain selain menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.

Dijelaskan, mekanisme yang dia lakukan tersebut adalah setelah mendaftarkan diri sebagai kader partai Golkar kepada pimpinan partai atau sebagai orang tua, barulah dia sampaikan keinginannya untuk mencari pasangan (wakil, red) atau Limdrity kepada para Duan-nya yang tidak lain adalah para pimpinan partai politik lain.

“Setelah bersama orang tua, saya akan meminta kepada para Duan saya bahwa ada Limdrity yang sangat baik, dan harus kita pinang. Dalam konteks meminang Limdrity terbaik menjadi wakil yang setia sepanjang lima tahun jika nanti Tuhan mengizinkan, leluhur merestui dan rakyat memilih saya sebagai pemimpin MTB lima tahun ke depan maka limdrity itu akan saya jaga dengan baik dan memberikan tugas yang mulia. Oleh karena itu saya akan datang dengan harta kawin yang bagus, bahkan bila perlu saya bawa serta gigi gajah untuk meminang Limdrity tersebut. Dan biasanya Limdrity itu akan diumumkan peminangannya pada saat yang tepat,” demikian penuturannya kala itu.

Mantan Ketua Persatuan Artis, Pencipta Lagu dan Pemusik RI ini juga mengakui bahwa syarat keterwakilan wilayah di Tanimbar dalam penentuan pasangan wakilnya juga menjadi bagian terpenting yang saat itu digodok dalam komunikasinya dengan orang tua dan Duannya. Dengan begitu, dirinya akan tetap patuh terhadap perintah para Duan yang nantinya merekomendasikan calon wakilnya atau Limdritynya.

Beberapa bulan terakhir, muncul nama Sony Hendra Ratissa yang telah disosialisasikan oleh masyarakat di sejumlah desa bahkan melalui medsos, sebagai tokoh muda asal Tanimbar Utara yang siap berpasangan dengan DO.

Tokoh muda ini memiliki rekam jejak yang baik, karena semenjak didaulat rakyat sebagai anggota DPRD MTB selama dua periode ini, Ratissa banyak menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat dan juga kinerja baiknya dengan kecakapan yang dia miliki.

(dp-18)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi