News Ticker

2016, Walikota Tual Siap Kembangkan Potensi Pariwisata

Pemerintah Kota Tual ditahun 2016 ini telah siap mengembang potensi wisata dan budaya yang dimiliki.
Share it:
Drs. Hi. MM. Tamher, MM, M. Si
Tual, Dharapos.com
Pemerintah Kota Tual ditahun 2016 ini telah siap mengembang potensi wisata dan budaya yang dimiliki.

“Kota Tual memiliki sejumlah potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia,” tandas Walikota  Drs. Hi. MM. Tamher MM, M.Si saat dikonfirmasi Dhara Pos, diruang kerjanya, Rabu (27/1).

Guna memuluskan rencana tersebut, dirinya telah memanggil Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tual untuk segera melakukan perencanaan dalam rangka mengembangkan berbagai potensi wisata dimaksud.

Salah satu destinasi wisata yang siap dikembangkan, ungkap Walikota yaitu kawasan wisata Pantai Bair.

“Pantai Bair dana beberapa lokasi lainnya telah siap untuk dikembangkan,” tambahnya.

Bersamaan itu pula,  akan dilakukan pembangunan sarana dan prasaran pendukung lainnya.

Kendati demikian, perhatian Walikota progaram pembangunan lainnya tetap berjalan seperti sebelumnya diantaranya peningkatan sarana ibadah maupun juga bangunan sekolah baik tingkat TK  hingga SLTA.

Dan yang terpenting adalah mempererat hubungan kerja sama antara Pemerinta dan semua unsur  dan warga masyarakat sehingga seluruh program yang ditargetkan dapat berjalan aman dan  lancar demi kesejahteraan masyarakat.

Berbagai proyek jalan baik di lingkup perkotahan hingga ke tingkat pedesaan harus dapat dilaksanakan dengan baik sehingga memberi manfaat bagi kepentingan bersama.

Walikota pada kesempatan tersebut juga menyinggung soal pelaksanaan berbagai proyek di lingkup kota Tual ini.

“Tender yang dilakukan transparan dan tidak ada unsur KKN, karena semua harus memenuhi  prosedur yaitu perlengkapan administrasi, baru melalui  tender, itu pun juga lewat online. Jadi banyak dugaan terhadap proses pelelangan proyek di Tual tidak sesuai dengan mekanisme, sama sekali tidak benar,” bebernya.

Olehnya itu, Walikota mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun kota Tual agar semakin bertambah dan maju.

Sementara itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tual kini mulai serius memberikan perhatian kepada pengembangan potensi wisata yang dimiliki daerah tersebut.

Hal ini terbukti dengan adanya program prioritas Bappeda untuk mengembangkan salah satunya potensi wisata alam yaitu Pulau Bair yang terletak di desa Dullah Laut, Kota Tual

Kepada Dhara Pos, Kepala Bagian Perencanaan Pengembangan Wilayah Dr. Muhammad Subhan
Labetubun yang ditemui di ruang kerjanya mengtakan Bappeda berencana menjadikan obyek wisata Pulau Bair sebagai icon wisata Kota Tual karena keindahan alamnya.

“Bappeda telah meninjau lokasi wisata tersebut untuk nantinya akan ditata dengan sedemikian rupa serta dibangun sarana dan prasarana agar semakin menarik minat para pengunjung,” urainya.

Meski demikian diakui Labetubun, niat baik dari Pemkot Tual ini masih mengalami kendala yaitu terkait kepemilikan tanah di lokasi wisata tersebut.

“Memang, sengketa kepemilikan tanah di kepulauan Kei, sering terjadi. Sehingga, menjadi kendala dalam pembangunan di daerah ini,” akuinya.

Untuk itu, Pemerintah mengharapkan adanya dukungan dari masyarakat agar program ini dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, jelas Labetubun, Pulau Bair memang memiliki pesona alam yang tak kalah dengan Raja Ampat, Provinsi Papua yang kini dikenal sebagai salah destinasi wisata yang telah diakui dunia.

“Tak heran, meskipun merupakan obyek wisata baru dan belum diresmikan oleh Pemerintah, namun telah banyak wisatawan setempat dan luar daerah bahkan hingga luar negeri tertarik untuk mengunjungi Pulau Bair,” tukasnya.

(dp-20)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi