News Ticker

Tingkatkan Kualitas Lulusan, Pemkab MTB – UGM Teken MoU

Share it:
Saumlaki, Dharapos.com 
Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) kini telah menjajaki kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dalam rangka pengembangan pendidikan dan kualitas lulusan anak-anak MTB.

Kerjasama ini telah di lakukan dan diteken dengan Memorandum Of Understanding (MoU) antar kedua pihak beberapa waktu lalu untuk menyekolahkan putra putri MTB dengan perguruan tinggi ternama ini.

Hal tersebut disampaikan Bupati MTB Bitzael Salvester Temmar kepada wartawan usai pelaksanaan Konsultasi Publik rencana pembangunan Logistic Supply Base (LSB) sebagai infrastruktur darat Blok Masela di Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten MTB di aula Pendobo Bupati, pekan kemarin.

Menurutnya, dengan adanya kerjasama melalui MoU ini, maka putra-putri MTB akan mengenyam pendidikan Tinggi di luar Maluku dengan kualitas pendidikan yang tinggi dan diharapkan menghasilkan tenaga-tenaga siap pakai ditahun-tahun depan.

Diakuinya bahwa ditahun 2007 silam, sejak dirinya menjabat sebagai Bupati di daerah Duan – Lolat itu, tercatat  mutu pendidikan di MTB sangat buruk, bahkan diapun mencontohkan bahwa di saat itu, ada siswa kelas VI SD yang belum bisa membaca.

Meski demikian, tahapan demi tahapan dirintisnya selama kurun waktu dua periode ini, guna   meningkatkan dan mengangkat kembali mutu pendidikan di MTB. Saat ini dengan kerjasama yang sudah berjalan, sedang dilakukan pendaftaran yang telah di buka oleh pemkab untuk menyeleksi putra putri untuk melanjutkan pendidikan di UGM.

Bupati mengaku, tak hanya UGM tetapi beberapa perguruan tinggi ternama juga sudah menjalani kerjasama sejak awal masa kepemimpinannya, dan saat ini lulusannya sudah mencapai 500 lebih.

“Sudah lebih dari 500 dan mereka ini lulus dari perguruan tinggi terbaik.  semua ada dari UGM bahkan dari Perguruan Tinggi lain juga ada. Tetapi ketika kembali ke sini tidak ada lapangan pekerjaan. Mereka meminta untuk tenaga honor tetapi kuota juga terbatas. Saya berharap kedepan dengan adanya INPEX Corporation maka semakin banyak perekruitan tenaga kerja di kabupaten MTB ini,” harapnya.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi