News Ticker

Kecamatan Pulau Manipa Kekurangan Tenaga Guru

Kecamatan pulau Manipa Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menjadi satu-satunya wilayah yang masih mengalami kekurangan tenaga guru.
Share it:
Ilustrasi sekolah kekurangan guru
Piru, Dharapos.com 
Kecamatan pulau Manipa Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menjadi satu-satunya wilayah yang masih mengalami kekurangan tenaga guru.

Hal tersebut berdasarkan jumlah tenaga guru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), dan sangat berdampak pada kurang optimalnya pelaksanaan belajar mengajar.

Faktanya, saat ini di beberapa sekolah dasar hanya memliki 3-5 guru pengajar ditambah Kepala Sekolah (kepsek).

Selain itu, akses transportasi serta medan yang cukup sulit antara 1 wilayah ke wilayah lainnya di Kecamatan tersebut disinyalir menjadi salah satu sebab mengapa banyak tenaga pendidik yang enggan ditempatkan di Kecamatan Pulau Manipa.

Manipa memang punya karakteristik wilayah yang berbeda dengan Kecamatan lain di SBB yang dikelilingi laut di sepanjang wilayahnya sehingga untuk mengakses dari 1 desa ke desa lainnya, bahkan ke Kota Kabupaten harus meggunakan transportasi sejenis kapal kecil.

“Sandaran itu kesulitannya kalau kaya Busang jelas jalan darat kemana-mana bisa tapi kalau Sandaran tak bisa desa ke desa menyeberang laut terus itu makanya susah,” ungkap Anggota DPRD SBB La Maarup Tomia, baru-baru ini.

Tomia mengakui, mengenai kekurangan guru di Kecamatan Pulau Manipa sudah sekian lamanya.

Oleh sebab itu, Pemda melalui dinas terkait segera mengupayakan pemenuhan seluruh kebutuhan yang dialami dunia pendidikan untuk tingkat SD tersebut. Baik mengusulkannya terhadap pusat ataupun melalui mutasi tenaga pendidik lainnya supaya lebih efektif.

"Sebenarnya ini secara global kita ini, mengalami krisis tenaga pengajar. Harusnya pemerintah daerah harus menyikapi persoalan tersebut tentang kekurangan guru.  Karena di Manipa sangat kekurangan guru, bahkan tenaga honorer,” ujarnya.

Di SBB ini, lanjut Tomia, hanya perlu pengoptimalan khususnya dunia pendidikan. Sebab, dari kekurangan guru ini, bisa saja diatasi dengan penempatan posisi jabatan terhadap tenaga pengajar dengan lebih tepat lagi.

(dp-26)
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi