News Ticker

Waktu Dekat, Semua PLT di SBB Akan Diganti

Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jacobus F Puttileihalat menegaskan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pergantian semua Pelaksana Tugas (Plt) yang selama ini menduduki jabatan selaku pimpinan di hampir sebagian besar birokrasi di daerah tersebut.
Share it:
Jacobus F. Puttileihalat
Piru, Dharapos.com
Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jacobus F Puttileihalat menegaskan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pergantian semua Pelaksana Tugas (Plt) yang selama ini menduduki jabatan selaku pimpinan di hampir sebagian besar birokrasi di daerah tersebut.

Hal tersebut dilakukan sesuai rapat penyelarasan dengan pihak legislatif di Gedung DPRD SBB. Belum lagi adanya desakan bahkan penilaian miring dari berbagai elemen masyarakat terkait kondisi birokrasi pada kurun waktu lima tahun terakhir.

“Olehnya itu paling lambat sekitar bulan September di akhir tahun 2015, pergantian akan dilakukan serentak bagi pimpinan-pimpinan SKPD di SBB yang berstatus Plt, apakah itu kepala dinas, badan maupun camat,” tegasnya kepada wartawan di Piru, baru-baru ini.

Saat ini, kata Puttileihalat,  pihaknya telah membentuk tim seleksi (Timsel) sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dan nantinya tim tersebut akan melakukan penjaringan pada sejumlah pegawai yang memiliki kecakapan baik dalam hal memenuhi syarat pangkat/golongan maupun kualitas.

Setelah tim seleksi melakukan tugasnya maka hasil kerja dari Timsel tersebut di kirim ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) di Jakarta dengan tembusan ke Pemerintah Provinsi Maluku untuk selanjutnya dilakukan evaluasi.

Terkait rencana pembenahan birokrasi di SBB, dirinya mengaku sudah menginstruksikan kepada Sekda SBB Mansur Tuharea selaku ketua Baperjakat untuk melakukan penjaringan terhadap calon pejabat yang akan dipromosikan menempati jabatan pimpinan SKPD di SBB.

“Jika tidak ada kendala yang dihadapi maka proses pelantikan pejabat defenitif untuk eselon II, III dan IV akan segerah dilakukan pada awal bulan September 2015. Sementara untuk pejabat definitif eselon II akan berlangsung di akhir tahun. Kami telah bentuk tim Timsel dan itu berarti kita tinggal tunggu hasil kerjanya. Dan dipastikan bulan depan ini proses pelantikan untuk eselon II,III dan IV sudah dapat dilakukan, sebab Anggarannya sudah siap,” terangnya.

Oleh sebab itu, kata Puttileihalat,  Pemda saat ini betul-betul serius mau melakukan pembenahan terhadap birokrasi di SBB. Untuk itu, proses seleksi yang  nanti dilakukan,  akan lebih berdasar pada mekanisme.

Ia belum bisa memastikan kapan jatuh tempo proses pelantikan pejabat eselon-eselon tersebut.

Lebih lanjut, Puttileihalat menambahkan,  tidak menutup kemungkinan pejabat dari luar kabupaten SBB juga akan dipromosikan dalam Proses rekrutmen pejabat. Langkah itu diambil guna mengantisipasi jangan sampai ada pejabat lokal yang dipromosikan tersebut tidak lolos seleksi di Kemen-PAN.

(dp-26)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi