News Ticker

Mendagri Resmikan 2 Monumen Dan Kantor DPRD MTB

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia - Tjahjo Kumolo Selasa siang (25/8) meresmikan monument Ir. Soekarno yang beralamat di taman kota Saumlaki, depan kantor Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB).
Share it:
Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf dan Bupati MTB
Bitto Temmar saat menyaksikan penandatanganan
prasasti 2 Monumen dan Kantor DPRD MTB
oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Saumlaki, Dharapos.com
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia - Tjahjo Kumolo Selasa siang (25/8) meresmikan monumen Ir. Soekarno yang beralamat di taman kota Saumlaki, depan kantor Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB).

Selain itu, Mendagri  juga meresmikan patung pahlawan Bhayangkari Teladan Mathilda Batlayeri yang beralamat di depan Bandar Udara Mathilda Batlayeri Amtufu, serta Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten MTB yang beralamat di samping kantor Bupati, Jalan Ir. Soekarno Saumlaki.

Mendagri yang didampingi rombongan dari sejumlah Kementrian tiba di Bandara Mathilda Batlayeri Amtufu dengan menggunakan pesawat Garuda GA 7644 dan disambut dengan acara adat oleh tua-tua adat dan Pemerintah Daerah MTB.

Setelah meresmikan monumen Ir. Soekarno dan Mathilda Batlayeri serta kantor DPRD MTB, Mendagri bersama rombongan yang di damping oleh Gubernur Maluku – Ir. Said Assagaf, Bupati MTB Drs. Bitsael S. Temmar dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah MTB berjalan menuju kantor DPRD MTB yang jaraknya sekitar 250 meter dari lokasi peresmian dan menghadiri sidang paripurna istimewa DPRD MTB, dengan agenda khusus yakni peresmian kantor DPRD MTB yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD MTB – Sony Lobloby,S.Sos.

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan kehadirannya di Saumlaki bukan sekedar meresmikan 2 monumen dan kantor DPRD serta membuka kegiatan Gerbangdutas 2015 yang berpusat di Saumlaki, namun kehadirannya juga membawa pesan dari Presiden Joko Widodo bahwa setelah dipilih rakyat, Presiden Jokowi telah mencanangkan pembangunan mulai dari daerah pinggiran, khususnya daerah-daerah perbatasan.

“Ada 187 kecamatan, mulai dari Aceh sampai Maluku dan Papua yang berbatasan dengan negara-negara tetangga dan khsusnya di MTB yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia. 3 tahun Pemerintahan ini harus mampu menyelesaikan pembangunan di wilayah perbatasan ini. Apapun bentuknya, wilayah perbatasan ini harus lebih baik dari Negara tetangga kita,” tandasnya.

Sejalan dengan peresmian monumen Ir. Soekarno sebagai penghormatan akan jasa founding fathers bangsa ini, dan sebagai kenang-kenangan bagi Ir. Soekarno yang pernah datang di Saumlaki, menurut  Mendagri kedatangan Ir. Soekarno ke Saumlaki kala itu menunjukan bahwa betapa pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

Kabupaten MTB yang berada di serambi depan NKRI dengan Negara Australia dan Timor Leste, telah menjadi perhatian serius Pempus bersamaan dengan dua kabupaten lain di Maluku yakni Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru.

“Kedepan kawasan perdagangan harus ditingkatkan di wilayah selatan Kabupaten MTB yang berhubungan langsung dengan Kupang dan Jawa Timur. Pertahanan juga harus diperkuat yang bisa langsung berhadapan dengan Timor Leste dan Australia. Silahkan Amerika membangun 1000 pangkalan di Darwin, tetapi ingat bahwa Negara Republik Indonesia adalah negara yang berdaulat di bidang politik, negara yang merdeka, berdikari dan berkepribadian,” tegas Mendagri dengan sesekali mengutip pernyataan Ir. Soekarno.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada masyarakat dan Pemda MTB untuk lebih aktif lagi menjaga keutuhan NKRI sebagaimana pesan Ir. Soekarno bahwa sejengkal tanah di negeri ini jangan sampai berani diinjak-injak oleh Negara-negara lain.

Sementara itu, dalam acara peresmian (Launching) Program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2015 di Provinsi Maluku dan Lokakarya Nasional yang berpusat di gedung Kesenian Saumlaki diserahkan secara simbolis sejumlah program kegiatan dan anggaran K/LPNK tahun anggaran 2015 bagi Bupati MTB, Bupati Kepulauan Aru,  dan Bupati MBD.

Program tersebut berupa maket kapal 30 GT dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, penyerahan detail engineering Design (DED) pembangunan dermaga apung, penyerahan gambar teknis pelebaran jalan dalam kota Saumlaki sepanjang 4,2 KM dari kementrian PU dan PR serta penyerahan detail engineering Design (DED) Pembangunan pasar rakyat Omele.

Sehari sebelum kegiatan – kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah MTB – Mathias Malaka,SH.,M.TP kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya mengaku jika kondisi keamanan dan ketertiban di kota Saumlaki jelang persiapan hingga usai pelaksanaan Gerbngdutas yakni 24 – 27 Agustus 2015 dipastikan aman.

Hal tersebut disampaikannya berdasarkan hasil rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Kepastian kondisi kamtibmas tersebut sekaligus menepis informasi yang beredar jika Gerakan Amtufu Bangkit akan melakukan demonstrasi dan memblokade ruas jalan masuk bandara Mathilda Batlayeri akibat tuntutan GAB yang belum dipenuhi oleh Pemkab MTB.

(dp-18)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi