News Ticker

Gerbangdutas 2015, MTB Banjir Rp. 1 Trilyun, Aru Dan MBD Menyusul

Pemerintah Pusat melalui kementrian terkait dibawah pengawasan Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan (BNPP) telah mengganggarkan lebih dari Rp. 100 Milyar bagi 3 Kabupaten perbatasan di Provinsi Maluku dalam tahun anggaran 2015.
Share it:
Mendagri  RI Tjahjo Kumolo saat melaksanakan
Peresmian (Launching) Gerbangdutas 2015
yang digelar di gedung kesenian Saumlaki
Kabupaten MTB, Selasa (25/8)
Saumlaki, Dharapos.com
Pemerintah Pusat melalui kementrian terkait dibawah pengawasan Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan (BNPP) telah mengganggarkan dana lebih dari Rp. 1 Trilyun bagi 3 Kabupaten perbatasan di Provinsi Maluku dalam tahun anggaran 2015.

Ketiga kabupaten tersebut masing-masing Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB),  Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Prioritas pembangunan di wilayah perbatasan NKRI dengan Australia dan Timor Leste ini bertujuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat di pulau-pulau kecil dan terluar.

Acara peresmian (Launching) Gerakan PembangunanTerpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2015 di Provinsi Maluku dan Lokakarya Nasional dengan tema: “Mewujudkan kawasan perbatasan Maluku sebagai pintu gerbang selatan ekonomi dan perdagangan dihadiri sejumlah Kementrian terkait dan dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Maluku serta 3 Pemerintah Kabupaten perbatasan di Maluku digelar di gedung kesenian Saumlaki, Selasa (25/8).

Pelaksana Harian  Sekretaris BNPP - Eko Subowo dalam laporannya mengatakan  melalui Gerbangdutas 2015, Pempus telah menyediakan RP. 1.948.912.643.424,- atau Rp. 1 Trilyun lebih untuk pembangunan di 3 Kabupaten tersebut.

Alokasi anggaran akan dikonsentrasikan pada pembangunan sejumlah sektor dari kementrian terkait seperti Kementrian PU dan Pera, Kementrian Perhubungan, Kementrian ESDM, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Kesehatan, Kementrian Perdagangan, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Pertahanan, Kementrian Pertanian, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementrian Desa,PDT dan Transmigrasi, Kementrian Perindustrian, Kementrian Ketenaga Kerjaan, Kementrian Sosial, Kementrian LH dan Kehutanan, Kepolisian, dan BNPP.

Alokasi anggaran sebagaimana Program Gerbangdutas 2015 Provinsi Maluku untuk 3 kabupaten tersebut terperinci sebagai berikut: Kabupaten MTB Rp. 1.086.086.786.566,- MBD Rp. 537.196.341.464,- dan Kabupaten Kepulauan Aru yakni Rp.  325. 629.515.393,-

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri yang juga selaku Ketua BNPP - Tjahjo Kumolo mengatakan  BNPP hadir dalam upaya percepatan pembangunan di daerah perbatasan.

Dengan anggaran yang mencapai lebih dari Rp. 1 Trilyun itu, DPRD MTB sebagai representasi masyarakat diminta untuk tetap mengontrol dengan baik penggunaan dan penyerapan anggaran.

Total anggaran tersebut akan difokuskan pada sejumlah aspek seperti dari KKP akan menyerahkan kapal 30 GT, pengadaan kapal kargo untuk menghubungkan jalur ekonomi di bagian selatan, pembangunan dermaga apung, pengaspalan jalan di dalam kota Saumlaki sepanjang 4,2 Km, Pembangunan Pasar Omele dari kementrian perdagangan, serta upaya membuka jalur penerbangan Darwin-Saumlaki-Ambon.

“Kami akan segera membuka koordinasi  menyurati pihak Garuda untuk siap dan setidaknya Jumat atau Sabtu ini membuka penerbangan antara Saumlaki-Darwin, sehingga Saumlaki sebagai daerah perbatasan dan juga menjadi daerah tujuan wisata. Bersamaan dengan pembukaan jalur ekonomi selatan akan mempercepat proses pertumbuhan yang ada,” janjinya.

(dp-18)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi