News Ticker

Safari Ramadhan, Walikota Janji Bantu Penyelesaian Masjid Al Hikmah

Hikmah bulan suci Ramadhan ternyata turut dirasakan olek Jama’ah Al Hikmah Tanah hitam, kelurahan Asano, Distrik Abepura, kota Jayapura, Provinsi Papua.
Share it:
Walikota (kedua dari kanan) saat menghadiri acara
buka puasa bersama Jama'ah masjid Al Hikmah
Tanah Hitam, Distrik Abepura
Jayapura, Dharapos.com
Hikmah bulan suci Ramadhan ternyata turut dirasakan olek Jama’ah Al Hikmah Tanah hitam, kelurahan Asano, Distrik Abepura, kota Jayapura, Provinsi Papua.

Betapa tidak, saat Walikota Dr. Benhur Tomi Mano, MM melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Al Hikmah, Selasa (30/6) telah memberikan nuansa baru bagi Jama’ah yakni dengan menjanjikan akan membantu penyelesaian pekerjaan pembangunan masjid.

Dalam Safari Ramadhan sekaligus buka puasa bersama tersebut, Walikota didampingi para Asisten Setda kota, kepala Kantor Kementrian Agama kota Drs. H. Syamsuddin dan sejumlah pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemerintah kota, kepala Kelurahan Asano Charles Awi, S.IP, Kepala Distrik Abepura Bobi Awi dan kepala Distrik Heram, Jaya Kusuma.

Walikota dalam sambutan mengatakan kota Jayapura adalah tempat hidup orang-orang yang bertakwa dan orang yang menjalankan ajaran agama dengan baik.

“Saya mengajak kita semua berdoa agar tidak ada lagi orang-orang yang dirasuki setan untuk memporak-poranda kota Jayapura yang sudah aman dan damai,” ajaknya.

Beberapa waktu lalu, sejumlah peristiwa yang terjadi, diakui Walikota, cukup meresahkan dan memiluhkan warga kota seperti peristiwa kampung Nafri, Yoka, Perumnas III dan yang terakhir di perumnas Organda.

“Peristiwa ini merupakan setingan dari orang-orang yang tidak menginginkan kota ini aman dan damai,” akuinya.

Selaku Walikota, dirinya saat melakukan Safari Ramadhan dan buka puasa bersama selalu mengajak seluruh umat untuk berperan aktif menciptakan kedamaian dan memberikan rasa aman bagi warga kota.

“Saya juga sangat senang dan bangga ketika Safari Ramadhan di LPTQ Kotaraja Dalam yang dihadiri para Alim Ulama, Zu’ama, Cendekiawan Muslim dan Muslimah serta Habib se-kota Jayapura. Karena kehadiran tersebut pertanda mereka memiliki hati yang bersih untuk kota Jayapura.sehingga pembangunan di kota ini terus berjalan dengan baik karena dukungan doa dari para Alim Ulama,Zu’ama, Cendekiawan Muslim dan Muslimah serta Habib di kota ini,” tandasnya.

Mantan kepala Dispenda Kota ini juga mengaku bersama jajarannya akan menyusun program untuk Anggaran Belanja Tambahan (ABT) agar listrik, jalan yang belum diperbaiki, maupun parit yang belum diperbaiki, untuk segera diusulkan.

“Saya sampaikan kepada Lurah, dan juga kepala Distrik terkait program-program dimaksud sehingga kelurahan ini bisa kita tata dengan baik,” akuinya.

Selain itu juga akan dilakukan penataan kota secara serius baik itu drainase, air bersih, dan penerangan jalan, akan ditata dengan baik. Dan program ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dari tingkat bawah, sampai ke tingkat atas. Pemerintah tidak akan menutup mata bagi warga di distrik ini.

Walikota juga berjanji akan membantu penyelesaian pembangunan masjid AL Hikmah hingga rampung demi kebersamaan Jama’ah untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kebersamaan, kerukunan antar umat beragama, keharmonisan satu dengan yang lain, serta mendukung program Pemkot yaitu kebersihan yang harus terus digalakan.

Berbagai upaya penataan diberbagai bidang akan terus dilakukan diantaranya pembangunan pasar Youtefa yang saat ini pada tahap penimbunan, sementara tiga bulan ke depan pembangunan pasar Hamadi juga akan segera selesai.

“Untuk itu kepada RW/RT saya himbau mari kita jaga keamanan dan ketertiban dan salah satu yang kalah penting adalah wajib membuat siskamling untuk memantau orang-orang yang tidak punya identitas diri. Kami juga akan melakukan sweeping dirumah-rumah kos, dan asrama-asrama yang ada di kota ini,” himbau Walikota.

Jama'ah Masjid Al Hikmah Tanah Hitam 
Pada kesempatan yang sama, wakil ketua Pengurus Masjid Al Hikmah, Jaya Kusuma menyampaikan tiga program pokok bangunan megah seiiring dengan waktu kepemimpinan sudah di ambang pintu yakni pembangunan tempat wuduh yang belum selesai. Begitupula taman kanak-kanak akan dibangun juga di area masjid, sehingga pelaksanaan atau program ini akan terwujud.

Walikota Jayapura, diakui Kepala Distrik heram tersebut, sangat perhatian terhadap pembangunan tempat-tempat ibadah. Dimana saat melakukan Safari Ramadhan dan buka puasa puasa bersama dibarengi juga dengan penyerahan bantuan bagi pengurus 9 pengurus masjid termasuk di tanah Hitam.

Sementara itu, Ustat Drs. H. Umar Bauw Al Bintuni dalam Tausianya menyampaikan bahwa bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh kasih/pengasa hati dan pikiran kita yang sama-sama berharap mendapat Ridho dari Allah SWT.

“Di bulan ini umat Muslim diberkati untuk memperbanyak sedekah bagi fakir miskin,” tandasnya.
Puasa juga, lanjut Ustat Bintuni akan melahirkan kesalehan ritual yang diwujudkan dalam kegiatan rohani sehari-hari saat melakukan ibadah mulai dari solat tarawih sampai puasa di siang hari.

Disamping itu kesalehan sosial, artinya tidak hanya ritual akan tetapi perlu ada keseimbangan.

“Dengan puasa kita juga turut merasakan penderitaan saudara-saudara kita yakni fakir miskin artinya yang kaya membantu yang miskin dan yang miskin turut merasa senang sehingga tumbuh rasa persaudaraan,” pungkasnya.

(dp-25)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi