168 Catar Baru Lulus Seleksi SUPM Negeri Ambon

Ke 168 catar tersebut merupakan yang terbaik dari 385 orang yang mengikuti seleksi masuk.
Share it:
Ambon, Dharapos.com 
Sebanyak 168 orang calon taruna (catar) baru lulus seleksi masuk Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) NegeriAmbon untuk tahun akademik 2015/2016.
Kampus SUPM Negeri Ambon

Ke 168 catar tersebut merupakan yang terbaik dari 385 orang yang mengikuti seleksi masuk.

Demikian disampaikan Kepala SUPM Negeri Ambon, Achmad Jais Ely,ST,MSi di Ambon,
Selasa (23/6).

“Dari sebanyak 385 siswa lulusan SMP yang mengikuti proses seleksi, yang dinyatakan lulus sebanyak 168 orang. Dan jumlah itu sesuai dengan kuota penerimaan di tahun akademik 2015/2016,” ujarnya.

Menurut Ely, 168 calon taruna tersebut semuanya mewakili 22 kabupaten/kota yang di dua provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara dimana dialokasikan sebanyak 118 orang.

Sementara 50 catar lainnya berasal dari daerah seleksi Kota Ambon, Maluku Tengah dan sekitarnya.
Calon taruna tersebut banyak juga yang berasal dari latar belakang orang tua berprofesi nelayan.

Lebih jauh diutarakan Ely, bahwa untuk minat siswa lulusan SMP untuk melanjutkan ke SUPM meningkat dari tahun lalu, dimana tahun ini minat siswa yang mendaftar sebanyak 720 siswa dibandingkan tahun lalu hanya sekitar 600 siswa.

Ely yang merupakan Kepala SUPM termuda seluruh Indonesia menegaskan bahwa salah satu persyaratan mutlak untuk masuk ke SUPM adalah memiliki tinggi badan minimal 155 cm.

Dijelaskan pula, SUPM Negeri Ambon saat ini ada empat jurusan yaitu Nautika, Teknika, Budidaya Perikanan dan Pengolahan Hasil Perikanan.

Jurusan yang menjadi primadona adalah Nautika karena jurusan ini mempersiapkan para taruna maupun taruni tersebut sebagai nakhoda kapal.

Saat ini SUPM Negeri Ambon semakin menjadi primadona persekolahan maritim karena beberapa waktu lalu SUPM menunjukkan kualitasnya menjadi yang terbaik dalam uji sertifikasi kompetensi sekolah perikanan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perikanan.

“Ini didukung dengan kualitas tenaga pengajar kita yang cukup. Saat ini kita memiliki tenaga pengajar aktif sebanyak 26 orang dan seluruhnya memiliki kualifikasi Assesor artinya semuanya bisa melakukan uji kompetensi. Dari 26 orang, sebanyak 16 orang berijazah S-II (Magister-red),” ungkapnya.

Dikatakan pula, proses belajar mengajar untuk tahun akademik 2015/2016 di SUPM ini nanti akan dimulai setelah perayaan hari Idul Fitri, sedangkan untuk 168 calon taruna baru nanti akan mengikuti masa orientasi sekolah (MOS) selama 10 hari yang dipusatkan di pantai Liang Kecamatan Salahutu.

(03/rr)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

1 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi