News Ticker

KASAD Olah Raga Bersama Ribuan Masyarakat Di Pulau Mansinam

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melaksanakan kunjungan kerja ke Manokwari Papua Barat pada Senin 25 Mei 2015.
Share it:
Kasad saat berolahraga bersama masyarakat
Papua, Dharapos.com
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melaksanakan kunjungan kerja ke Manokwari Papua Barat pada Senin 25 Mei 2015.

Dalam kunker tersebut Kasad menyempatkan diri berolah raga bersama masyarakat serta anggota TNI dan Polri di Pulau Mansinam. Kasad berkeliling Pulau Mansinam dengan  bersepeda didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih bersama-sama masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Kasad membagikan 500 lebih door prize berupa 3 sepeda motor, 5 TV 32", 5 buah kulkas, 17 sepeda gunung, puluhan mesin cuci dan ratusan alat elektronik.

Rasa syukur dan ucapan terimakasih disampaikan  masyarakat kepada Kasad, seperti yang disampaikan oleh masyarakat Mansinam Mei Wonsiwor yang mendapat sepeda motor Beat.

Olah raga bersama dilaksanakan di Pulau Mansinam. Menurut Kasad ada nilai yang sangat baik terkait sejarah Mansinam. Pertama Pulau Mansinam merupakan tempat dimana pertama kali turunnya injil di Papua.

Kedua mengandung nilai historis yang mencerminkan toleransi beragama. Saat misionaris ingin menyebarkan ajaran kristen di Tidore, Sultan Tidore menyarankan agar jangan disebarkaan di Tidore, karena masyarakat Tidore sudah memeluk Islam.

Sultan Tidore berinisiatif mengantar misionaris tersebut agar menyebarkanya di daratan Papua. Sultan Tidore sendiri yang mengantar sampai ke Pulau Mansinam.

Terkait peletakan batu pertama pembangunan Kodam Papua Barat, Kasad menyampaikan bahwa

"Saya tidak melakukan peletakan batu pertama apabila Gubernur tidak ada, maksudnya bahwa Kodam adalah milik rakyat, jadi peletakan batu pertama harus disaksikan oleh masyarakat yang diwakili Gubernur. Tetapi karena Gubernur ada kegiatan yang tidak bisa ditunda karena sedang dinas luar ke Jakarta, maka saya tidak meletakkan batu pertama, tetapi peninjauan biasa, namun demikian pembangunan terus dilanjutkan," katanya.

Untuk konsep nama Kodam baru adalah Kodam XVIII/Kasuari, tetapi bila dari masyarakat ada yang mempunyai ide untuk nama Kodam baru ini dipersilahkan.

Pemberian nama Kodam diserahkan kepada masyarakat, karena pada hakekatnya yang punya Kodam adalah masyarakat.

KASAD Beri Bantuan 10 Honai Di Tinggi Nambut

Sementara itu di tempat terpisah, sebagai bukti kecintaan TNI kepada rakyat serta kemanunggalan TNI dengan rakyat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberi bantuan tempat tinggal Adat/ Honai kepada masyarakat di Papua.

Melalui Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol Inf Bayu Sudarmanto yang secara resmi menyerahkan Honai bantuan Kasad (Kepala Staf TNI AD) kepada warga Distrik Tinggi Nambut Kabupaten Puncak Jaya di kampung Tinggi Nambut yang disaksikan Bupati Puncak Jaya, Drs. Henock Ibo, Kapolres Puncak Jaya AKBP Marcelis Sarimin, serta personel Satgas Pamrahwan Yonif 751/Raider, Selasa (26/5).

Kasad memberikan bantuan Honai  sebanyak 10 (sepuluh) buah kepada warga masyarakat mantan anggota OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang telah sadar dan kembali bergabung ke dalam NKRI (Negara Kesatuan Repulik Indonesia).

Ini merupakan penghargaan Kasad kepada warga masyarakat yang mencintai NKRI, sekaligus sebagai reward dalam bentuk kesejahteraan berupa tempat tinggal.

Masyarakat kampung Tinggi Nambut kabupaten Puncak Jaya menyampaikan rasa terimakasih  kepada Kasad  atas bantuan yang telah diberikan juga kepada Dandim 1714/Puncak Jaya dan Bupati Puncak Jaya atas Honai yg di bangun oleh Kodim 1714/PJ dan Satgas Pamrahwan Yonif 751/Raider.

Honai ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi mereka, terutama bagi kelangsungan hidup dalam membina kehidupan rumah tangga.

Masyarakat Tinggi Nambut berharap agar kedepan pemerintah dapat melanjutkan pembangunan di wilayah Tinggi Nambut Kabupaten Puncak Jaya,  sehingga Distrik Tinggi Nambut dapat  berkembang pesat seperti Distrik lainnya.

Tidak hanya bangunan fisik tetapi juga dalam hal tingkat kesejahteraan, mereka berharap pemerintah dapat meningkatkan taraf hidup di wilayah Tinggi Nambut. Banyak warga masyarakat yang belum memiliki pekerjaan, ini merupakan tantangan bagi pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya untuk dapat mengatasinya.

Melalui Dandim 1714/Puncak Jaya Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan agar masyarakat Distrik Tinggi Nambut memanfaatkan Honai dengan sebaik-baiknya, serta tetap dipelihara agar Honai tersebut nyaman untuk ditinggali.

Pada kesempatan itu Dandim juga memberikan sembako kepada warga masyarakat Puncak Jaya dalam rangka serbuan Teritorial Kodim 1714/Puncak Jaya.

(dp-30)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi