News Ticker

Walikota Jpr Canangkan Kegiatan Jelang HUT RA Kartini Ke-136

Walikota Jayapura, DR. Benhur Tommi Mano, MM Sabtu (11/4) melakukan pencanangan pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Raden Ajeng Kartini ke-136 tahun yang berlangsung di lokasi Card Free Day, jalan Soa Siu, Dok II, Distrik Jayapura Utara, kota Jayapura Provinsi Papua.
Share it:
DR. Benhur Tommi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Walikota Jayapura, DR. Benhur Tommi Mano, MM Sabtu (11/4) melakukan pencanangan pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Raden Ajeng Kartini ke-136 tahun yang berlangsung di lokasi Card Free Day, jalan Soa Siu, Dok II, Distrik Jayapura Utara, kota Jayapura Provinsi Papua.

Selain Walikota, turut hadir pada acara pencanangan tersebut, Wakil Walikota, Kapolres Jayapura kota, Kasdim 1701 Jayapura, Sekretaris Kota, Danramil 1701-02 Jayapura Utara, para Asisten, ketua GOW kota Jayapura.

Pelaksanaan pencanangan tersebut adalah untuk mengenang dan meneladani pejuang RA. Kartini dalam merintis perjuangan harkat dan martabat perempuan serta memberikan nama tersendiri yang bertujuan erat dengan aktifitas sosial kemasyarakatan sesuai dengan kapasitasnya sebagai wanita pejuang.

Kegiatan tersebut yakni pengobatan gratis yang terdiri dari pemeriksaan, pengobatan dan pelayanan KB, donor darah dengan mengusung tema “Setetes darah akan bermanfaat bagi yang membutuhkan“.

Selain itu, akan dilaksanakan juga lomba Qasidah untuk Majelis Tah’lim yang pelaksanaannya oleh tim penggerak PKK tingkat kota Jayapura.

Disamping itu juga, akan dilaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan kepribadian, sosialisasi korban kekerasan pada perempuan dan anak dengan sasaran masyarakat di 14 Kampung, kelurahan dan Distrik. Kemudian sosialisasi orientasi pendewasaan usia perkawinan kepada tim penggerak PKK, para Remaja, petugas kantor Kementrian Agama dan guru konseling.

Menjelang acara puncak akan dilakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Trikora Waena dan ibadah perayaan Paskah yang diawali dengan KKR.

Walikota dalam sambutannya menyatakan, RA. Kartini adalah seorang pahlawan Nasional namun terlepas dari itu dia adalah sosok  ibu rumah tangga yang sederhana, rendah hati, dan juga memiliki kesadaran dan kepedulian yang tinggi terhadap kaum perempuan yang ketika itu sering dipingit dan tertinggal jauh dari kaum pria.

“Perjuangan Kartini adalah untuk memperoleh persamaan hak dan kewajiban bagi kaum perempuan agar dapat sejajar dengan kaum pria. Gerakan nasional pemberdayaan perempuan, sejatinya sudah dirintis olehnya sejak 136 tahun lalu sehingga hasil akhir perjuangan RA. Kartini dapat membawa perubahan yang signifikan di mana kaum perempuan telah disejajarkan dengan kaum pria,” ungkapnya.

Dan hal tersebut, lanjut Walikota, sejalan dengan tema peringatan hari Kartini tahun 2015 yaitu “ Dengan Semangat Kartini, Kita Optimalkan Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Kalitas Hidup Kekeluargaan“.

Ditambahkan, pencanangan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RA. Kartini harus dimaknai sebagai bukti komitmen perempuan untuk terus berpacu membulatkan tekad dan niat bersama memajukan dan meningkatkan perubahan.

Acara pencanangan kegiatan
“Peningkatan peran perempuan, tidak dapat dilepaskan dari besarnya peran serta GOW dan sebagai induk semang gabungan organisasi perempuan se-kota Jayapura telah turut berkiprah dan berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan peran perempuan dalam segala bidang,” tambahnya.

Harapan Walikota agar seluruh pelaksanaan kegiatan hingga pada puncak 21 April mendatang, dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.

Pencanangan seluruh kegiatan yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota, Wakil Walikota, Sekkot, Kapolres, Kasdim dan Dandramil. 

(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi