News Ticker

19 SMA Sekota Jayapura Berkompetisi Di OSN

19 Sekolah Menengah Atas (SMA) se kota Jayapura terlibat berkompetisi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk tingkat kota Jayapura, Provinsi Papua, yang berlangsung di SMA Negeri 4 Jayapura, Rabu (11/2).
Share it:
Jayapura, Dharapos.com
Sebanyak 19 Sekolah Menengah Atas (SMA) se kota Jayapura terlibat berkompetisi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 tingkat kota Jayapura, Provinsi Papua, yang berlangsung di SMA Negeri 4 Jayapura, Rabu (11/2).

Pembukaan lomba dilakukan oleh Asisten II kota Jayapura, Drs. Nur Jainudin Konu, yang di dampingi Kepala Dinas Pendidikan  kota, serta Kepala Bidang SMA, SMK dan Sekolah Dasar.

19 sekolah yang mengikuti lomba tersebut antara lain SMA Negeri 1 kota Jayapura,SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN, SMAN 6, SMA YPPK Taruna Bakti, SMA YPPK Taruna Dharma, SMA Gabungan, SMA Hikmah Yapis, SMA Pembangunan V, SMA Mandala Trikora, SMA YPPK Diaspora, SMA Satria, SMA 45 Entrop, SMA Korpri, SMA PGRI, SMA Kalam Kudus, dan SMA Muhammadiyah kota Jayapura.

Sementara mata pelajaran yang akan dilombakan antara lain, Kimia dengan 104 peserta, Matematika (102), Fisika (103), Biologi (104), Informatika (102), Astronomi (101), Kebumian (103), Geografi (104) dan Ekonomi 103 peserta.

Asisten II Setda Kota Jayapura Drs.Nur Jainudin Konu kepada sejumlah wartawan mengatakan di tahun 2014 kota Jayapura tidak mencapai apa-apa sehingga dirinya berharap agar OSN 2015 ini bisa meraih juara baik di tingkat provinsi maupun tingkat Nasional.

“Ini harapan kita semua,namun ini juga tidak mudah sehingga harus dibina dari bawah agar para siswa dapat berkompetisi di tingkat kota, provinsi maupun Nasional,” harapnya.

Dikatakan, pada OSN di tahun 2003 lalu, kota Jayapura meraih peringkat tiga sehingga di tahun ini harus ada peningkatan. Selain itu, peran guru, orang tua dan lingkungan akan berpengaruh bagi para siswa, sehingga ke depannya, para siswa dapat memiliki kualitas yang baik.

“Tidak terlepas juga secara langsung mereka akan mengalami peningkatan pengetahuan, skill serta juga pemahaman tentang moral,” terangnya.

Empat Program prioritas Pemkot Jayapura, lanjut Jainudin, salah satunya adalah Pendidikan sehingga harus di dorong lewat kegiatan-kegiatan sekolah dan salah satunya adalah lomba Sains tersebut.

Di kesempatan yang sama, Kadis Pendidikan kota, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd  menambahkan pelaksanaan lomba OSN diselenggarakan secara serentak di seluruh kabupaten/ kota Indonesia.

“Namun untuk Provinsi papua khususnya kota Jayapura dilaksanakan 2 jam lebih awal dari Indonesia Barat dan satu jam dari Indonesia Tengah,” jelasnya

Dijelaskan Kadis, para peserta yang berkompetisi adalah siswa/siswi terbaik dari setiap sekolah yang dikirim, dan dari sembilan mata pelajaran yang dilombakan akan dicari 3 mapel yang terbaik dan pemenang pertama akan dikirim ke tingkat Provinsi.

Dirinya  sangat optimis untuk di tingkat provinsi, kota Jayapura akan mendapat juara umum.
Bahkan Disdik kota telah menggandeng Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesai (LOPI) untuk membimbing beberapa sekolah yang ada di kota jayapura.

Para peserta lomba OSN 2015
Bertolak dari hal tersebut, Kadis mengaku optimis Kota Jayapura sebagai barometer pendidikan akan meraih juara umum pada ajang kompetisi yang sangat bergengsi tahun 2015, sehingga setiap peserta yang dikirim dari sekolah siap melaju untuk meraih juara karena mereka yang dikirim untuk membawa nama baik sekolah mereka.

“Secara langsung kita dapat mengukur baik atau tidak proses di sekolah sehingga kemampuan sekolah tersebut dapat diukur melalui ajang ini,” sambungnya.

Ditambahkan Kadis, peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan ada tiga faktor yakni, manajemen, proses dan partisipasi masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan minggu depan akan di umumkan para pemenangnya. Penilaian yang akan dilakukan secara independen dan akan dikoreksi sendiri oleh para pengawas.

(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi