News Ticker

Polda Papua Gelar Sertijab Wakapolda dan Irwasda

Pergeseran pejabat di institusi Polda Papua kembali dilakukan.
Share it:
Sertijab Wakapolda Papua
Papua, Dharapos.com
Pergeseran pejabat di institusi Polda Papua kembali dilakukan. Kali ini jabatan Wakapolda Papua dari pejabat lama Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada pejabat baru Kombes Pol Rudolf Rodja.

Sedangkan Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) dari pejabat lama Kombes Pol. Gede Sugianyar Dwi Putra yang selanjutnya menduduki pos baru sebagai Wakapolda Sulawesi Tengah diganti pejabat baru Kombes Pol. Petrus Waine.

Sertijab tersebut dilakukan oleh Kapolda Papua  Irjen Pol Yotje Mende, berlangsung di Mapolda Papua, Rabu (14/1) yang ditandai dengan penyematan tanda pangkat dan penandatanganan serah terima jabatan kepada pejabat lama dan baru.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, pergantian pejabat di lingkungan Polda Papua merupakan hal yang wajar dimana terkandung makna penting dalam pengembangan karier bagi personel yang bersangkutan dan juga merupakan tindak lanjut regenerasi kepemimpinan dalam institusi POLRI.

“Lima bulan menjabat sebagai Kapolda Papua banyak kesan yang dirasakan dalam kebersamaan,” ungkapnya.

Kapolda juga mengapresiasi Brigjen. Pol. Paulus Waterpauw selaku Wakapolda Papua karena banyak membantu dalam kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari, terlebih dalam membina personil jajaran Polda Papua.

“Bapak Waterpauw juga memiliki sosok pemimpin yang arif dan bijaksana serta memiliki kepribadian yang baik dan patut dicontohi,” cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda juga mengucapkan selamat datang kepada pejabat Wakapolda yang baru serta memberikan apresiasi yang tinggi atas kepercayaan pimpinan POLRI terhadap Wakapolda Papua yang baru sebagai pengendali tugas fungsi dan staf Satker jajaran Polda Papua.

“Diharapkan kepada Wakapolda dan Irwasda yang baru dapat memberikan kontribusi besar pada pelaksanaan tugas nanti,” harapnya.

Terkait dengan tugas Polda Papua ke depan, jelas Kapolda, ada beberapa hal yang digaris bawahi yakni permasalahan kelompok kriminal bersenjata,permasalahan konflik antar suku baik suku internal dan lokal maupun suku pendatang dan suku lokal yang sering terjadi sehingga akan merupakan bagian yang dihadapi sekarang.

Saat ini juga ada beberapa persoalan besar yang harus diselesaikan dan fokuskan untuk mencari solusi terbaik yaitu kasus kekerasan yang terjadi di wilayah Paniai dan juga terkait dengan pengejaran pelaku KKB yang berturut-turut dalam aksinya telah menelan beberapa korban yang meninggal maupun luka berat karena di tembak

Diantaranya,  anggota TNI yang di tembak dan dirampas senjata di Ilaga lalu berselang satu bulan terjadi kembali perampasan dan penembakan dua anggota Brimob di wilayah yang sama dan satu senjata di ambil, dua anggota brimob meninggal.

Saat akan  dilakukan perayaan Natal, terjadi penembakan terhadap anggota Brimob yang akan melakukan tugas di paniai yang ditembak dari belakang sehingga mengalami luka berat dan sampai saat ini masih di rawat intensif di RSU Jayapura.

Dan yang terakhir, saat perayaan tahun baru di Timika dua anggota Brimob BKO Sumatera Selatan gugur ditembak secara sadis di desa Utikini sehingga saat ini sedang dilakukan pengejaran terhadap kelompok Ayub Waker.

“Ini adalah merupakan tugas ke depan yang menjadi prioritas utama Polda papua yang akan diselesaikan,” pungkas Kapolda.

(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi