News Ticker

Wabup Minta Semua Pihak Komitmen Bangun MBD

Sejak pemekaran kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menjadi Daerah Otonomi Baru, setiap insan yang terpanggil harus memiliki semangat mengabdi bagi bangsa dan negara khususnya bagi daerah dan masyarakat di kabupaten yang berjulukan Kalwedo tersebut.
Share it:
Tiakur,
Sejak pemekaran kabupaten Maluku Barat Daya  (MBD) menjadi Daerah Otonomi Baru, setiap insan yang terpanggil harus memiliki semangat mengabdi bagi bangsa dan negara  khususnya bagi daerah dan masyarakat di kabupaten yang berjulukan Kalwedo tersebut.

Demikian sampaikan Wakil Bupati MBD, Ir. Johanes Letelay, M. Si,  dalam sambutannya pada acara peringatan HUT Kabupaten  MBD ke 6 di Tiakur belum lama ini.

“Kita dihantar dan telah  melewati tahun ke 5  dan sekarang memasuki tahun ke 6 yang hari ini di rayakan. Walaupun dalam suasana sederhana, tetapi marilah kita jadikan hari bersejarah ini sebagai komitmen  bersama memajukan  kabupaten yang kita cintai,” katanya.

Wabup menambahkan, ini sesuai dambaan harapan dan impian masyarakat MBD  untuk keluar dari  ketertinggalan demi mencapai kemajuan sejajar dengan kabupaten lain di Maluku dan di Indonesia.

“Acara peringatan-peringatan seperti ini janganlah sekedar mengingatkan kita pada nilai historis semata atau hanya sebagai kenangan  seharusnya  peringatan ini semakin menggugah hati nurani kita semua warga kabupaten MBD untuk membangun daerah ini,” tambahnya

Di samping memaknai sebagai ungkapan rasa syukur dan wujud perasaan  bangga kita semua  atas terbentuk kabupaten MBD 6 tahun lalu, lanjut Wabup, dengan bertambah usia kabupaten ini  kita harus  melakukan introspeksi dan renungan kembali kadar sumbangsih pengabdian kita bagi kemajuan daerah ini.

Selain itu juga, mencermati kembali lebih jauh problematik yang  menjadi hambatan, gangguan dan sekaligus kita jadikan sebagai tantangan untuk membangun kabupaten MBD ke arah yang lebih baik  di masa mendatang.

“Semua ini  guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat MBD yang lebih baik,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, perjalanan kabupaten ini hingga memasuki usia ke 6  menjadikan kita tetap kuat dan berdiri tegar untuk menata pembangunan serta efektivitas  pelayanan pemerintah hingga penyelesaian berbagai permasalahan sesuai harapan dan tuntutan kebutuhan pembangunan  yang di harapkan oleh masyarakat di kabupaten MBD.

Wabup  juga menambahkan, kabupaten MBD  terletak di posisi  strategis dan potensi sumber daya yang apa bila di kelola dengan baik maka masa yang akan datang sampai anak cucu kita akan menikmati kesejahteraan dan kemajuan di daerah ini.

“Oleh karena itu, kita butuh konsepsi, sinergitas dan keterpaduan komitmen sebagai tugas, wewenang dan tanggung jawab bersama  membangun wilayah ini yang di mulai dari desa kecamatan dan kabupaten sesuai tema HUT MBD Ke 6 yaitu Singkirkan Perbedaan dan Eratkan Persaudaraan, Padukan Komitmen  Untuk Membangun MBD,” tambahnya.

Tema ini, jelas Wabup,  menitikberatkan pada budaya dan tata kehidupan orang bersaudara yang menjadikan pendorong semangat kita semua memadukan komitmen untuk terus berkarya membangun MBD  yang lebih baik. Adanya perbedaan yang akan menghasilkan kesamaan karena ada interaksi saling melengkapi  satu dengan yang lain  untuk mencapai tujuan bersama.

“Saya  menyadari bahwa pada usia ke 6, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat belum kita lakukan secara optimal, masih  banyak problem yang harus kita benahi  dan perlu di prioritaskan untuk menjadi perhatian kita bersama,” jelasnya.

Prioritas yang dimaksudkan Wabup antara lain sektor perekonomian daerah, prasarana dan sarana wilayah, kualitas SDM, kamtibmas  sumber daya alam dan lingkungan, IPTEK  dan seni budaya. Semua sektor tersebut menjadi tujuan pembangunan di semua bidang  sehingga harus di desain secara sistematis.

“Selain itu, pembangunan yang di laksanakan harus di awasi  dan hasilnya harus terus di evaluasi  sehingga sesuai dengan  yang di rencanakan  dan di harapkan,” pungkasnya. (yan)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi