News Ticker

Betaubun Siap Perjuangkan Pemekaran Maluku Tenggara Raya

Salah satu putra terbaik Evav (Kei) yang juga anggota DPD – RI, Edison Betaubun SH, MH menyatakan siap memperjuangkan nasib seluruh warga masyarakat Maluku Tenggara Raya untuk berdiri sendiri menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).
Share it:
Edison Betaubun SH, MH
Langgur,  
Salah satu putra terbaik Evav (Kei) yang juga anggota DPR – RI, Edison Betaubun SH, MH menyatakan siap memperjuangkan nasib seluruh warga masyarakat Maluku Tenggara Raya untuk berdiri sendiri menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).
“Periode lima tahun kemarin, saya sudah memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan rakyat dan telah dibuktikan dengan adanya sejumlah proyek bantuan dari Pemerintah Pusat bagi kepentingan warga masyarakat Maluku Tenggara Raya. Dan sudah saatnya, Maluku Tenggara Raya berdiri sendiri menjadi DOB,” ungkapnya saat ditemui Dhara Pos, Selasa (18/3).
Kelima daerah yang dimaksud masing-masing Kota Tual, Kabupaten Malra, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya.
Betaubun pun mengakui, sebelum menduduki kursi DPR – RI, dirinya sudah sering turun lapangan ke lima daerah yang masuk dalam wilayah Maluku Tenggara Raya dan hal itu bisa dibuktikan baik di kalangan agama maupun pemerintah sehingga dirinya tahu jelas kondisi wilayah maupun kehidupan masyarakat di daerah-daerah tersebut.
“Saya siap perjuangkan pemekaran Maluku Tenggara Raya, karena saya bukan caleg DPR - RI yang baru turun lapangan tapi setiap tahun saya sudah kunjungan ke empat kabupaten dan satu kota,” tandasnya. 
Dikatakan Betaubun, bahwa  terkait dengan pemekaran Maluku Tenggara Raya sebenarnya prosesnya tidak terlalu sulit, karena tinggal bagaimana sikap Pemerintah Daerah merespon aspirasi warganya.
 “Lima daerah ini harus membuat pengusulan dan nantinya kami beri dukungan kepada Presiden dan Menteri Dalam Negeri,  karena keputusan pemekaran itu terjadi apabila ada usulan dan dukungan dari kelimanya barulah akan ada persetujuan,” katanya.
Untuk itu, Betaubun pun tidak akan tinggal diam atas rencana pemekaran tersebut dan segera berkoordinasi dengan Gubernur Maluku agar proses pemekaran Provinsi Maluku Tenggara Raya dalam waktu dekat ini bisa dipercepat.
“Saya juga selalu berkoordinasi dengan  Pemerintah Pusat  agar pelaksanaan pemekaran Maluku   Tenggara Raya dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.
Pada Pemilu Legislatif yang tinggal menghitung hari, Betaubun menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Tenggara Raya  agar memilih figur yang benar- benar  bisa membawa aspirasi rakyat khususnya mendukung pemekaran.
“Karena ini bukan asal-asalan tapi harus melalui sebuah proses pembahasan di DPR sehingga dibutuhkan figur-figur yang memiliki kemampuan dan selama ini telah dibuktikan,” himbaunya. 
Disamping itu, Betaubun mengingatkan bahwa mungkin ada anggota DPR - RI yang berasal dari Maluku Tenggara belum pernah mendatangi kelima daerah ini, sejak terpilih menjadi anggota.
“Saya ingatkan dan sekaligus mengajak semua pihak baik tokoh Agama, tokoh Adat, dan yang lainnya untuk tidak termakan isu, tapi amatilah baik-baik, sehingga hak suara anda menjadi sia-sia,” tandasnya.(obm)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

1 comments:

  1. Apakah kita sudah benar-benar bisa mengurus urusan rumah tangga (otonom) kita sendiri?
    jangan hanya samplenya yang dilihat/diambil. menurut saya belum. dan akan susah tidak semudah yang dikatakan.

    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi