News Ticker

MANDAT Unggul Mutlak Di TPS-5 dan TPS-6 Kelurahan Nusaniwe

Pasangan MANDAT unggul mutlak atas lawan-lawannya pada pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2013 yang berlangsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5, Oikumene, Kelurahan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (11/6).
Share it:
Ambon,
Poly Uspitany, Ketua KPPS TPS-5 Kel. Nusaniwe
Pasangan MANDAT unggul mutlak atas lawan-lawannya pada pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2013 yang berlangsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5, Oikumene, Kelurahan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (11/6).
Hasil tersebut diperoleh setelah dilakukan perhitungan terhadap 293 surat suara pemilih yang menggunakan hak pilihnya dari  479 pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS-5. MANDAT unggul 146 suara atau hampir 40 persen suara, kemudian disusul SETIA dengan menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak dengan 65 suara, BOB-ARIF 40 suara, DAMAI 23 suara, dan TULUS 8 suara. Sedangkan surat suara yang tidak sah/rusak sebanyak 11 surat suara.
Sementara itu, jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 186 orang. Selain itu, 5 orang menggunakan KTP, 1 orang menggunakan KK dan 1 orang Akte Kelahiran.
Poly Uspitany, Ketua Komite Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS-5, kepada Dhara Pos  menyatakan pelaksaanaan Pilgub 2013 ini telah berlangsung dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan apapun.
“Semua ini karena dukungan dan kerja sama dari KPU Provinsi, PPK Kecamatan Nusaniwe, PPS Kelurahan Nusaniwe, seluruh warga masyarakat RT 001/003 Benteng Atas, dan teman-teman KPPS yang sudah membantu proses dari awal hingga selesainya Pilgub ini. Terima kasih juga kepada aparat keamanan, dan juga media Dhara Pos yang telah meliput kegiatan Pilgub sehingga dapat terselenggara dengan lancar dan aman,” ungkapnya.
Kepada Lembaga Pendidikan Oikumene, Uspitany juga menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan pihak lembaga yang telah rela memberikan tempatnya bagi pelaksanaan pencoblosan
Diakui Uspitany, presentase partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilgub 2013 ini, memang mengalami penurunan dibanding Pilgub sebelumnya.
“Sekarang ini presentasenya menurun tapi dari tertib Pilkada jauh lebih baik dibanding 5 tahun lalu. Kalau pada Pilgub lalu, sempat terjadi gejolak,” tandasnya.
Lancarnya pelaksanaan Pilgub di TPS-5 ini pun diakui petugas Panwaslu, Zibradu Koryesin.
“Semua proses telah berjalan dengan baik,” ujarnya saat ditemui Dhara Pos usai dilakukan penghitungan suara. 
Sementara itu, hasil yang sama pun diperoleh pada TPS-6, pada kelurahan yang sama.
Dari hasil perhitungan suara yang disampaikan Ketua KPPS TPS-6, Nus Siahaya, MANDAT kembali unggul atas kandidat lainnya dengan perolehan suara sebanyak 133 suara, disusul BOB-ARIF 49 suara, DAMAI 46 suara dan terakhir TULUS dengan 7 suara. 
Untuk diketahui, pada TPS-6, pemilih yang terdaftar pada DPT berjumlah 556 orang namun yang menggunakan hak pilih sebanyak 282 orang atau hanya 50 persen saja sedangkan 274 orang tidak menggunakan hak pilihnya. Sementara surat suara yang tidak sah/rusak berjumlah 15.(ajr)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi